Kreatif! Permudah Urusan Warga, RW 012 Pegangsaan Dua Ciptakan Sistem Layanan Digital

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:13 WIB
loading...
Kreatif! Permudah Urusan Warga, RW 012 Pegangsaan Dua Ciptakan Sistem Layanan Digital
Pengurus RW 012 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara membuat sebuah inovasi digital dalam pengurusan administrasi kependudukan, mutasi, perizinan, dan surat keterangan. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pengurus RW 012 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading Jakarta Utara membuat sebuah inovasi digital yang dapat melayani warga sekaligus mempermudah dalam hal pengurusan administrasi kependudukan, mutasi, perizinan, surat keterangan, dan lainnya.

Dalam terobosan yang dilakukan, pengurus RW 012 Pegangsaan Dua membuat sebuah website yang beralamatkanhttps://rw-12.idyang bisa diakses dengan ponsel dan dapat juga diunduh melalui aplikasi play store.

Ketua RW 012 Pegangsaan Dua Soedirman mengatakan bahwa inovasi digital dibuat lantaran wilayah RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua berada di lahan seluas 50 hektar dengan 31 RT dengan jumlah penduduk tinggi yang mencapai 10 ribu jiwa.



”Sebagian besar warga RW 012 adalah pengusaha dari beragam etnis yang menjadi kekuatan sekaligus tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan layanan,” kata Soedirman kepada SINDOnews, Jumat (23/6/2023).

“Sejak dua tahun lalu, kami telah berinovasi dalam melayani warga secara digital. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan berbagai layanan administrasi yang sudah ada di dalam website,” lanjutnya.

Soedirman menambahkan dalam aplikasi tersebut juga tersedia fitur pembayaran iuran, pengaduan warga, pemantauan ketinggian air dan panic button atau tombol darurat.



”Misalkan orangnya lagi di luar kemudian mendapatkan informasi sesuatu yang terjadi di rumahnya. Untuk memastikan hal itu, pemilik rumah tinggal menekan panic button dan petugas menyambangi rumah tersebut untuk pengecekan dan penanganan,” ungkapnya.

Saat ini, pengurus RW 012 Pegangsaan Dua bersama jajaran Kelurahan Pegangsaan Dua tengah berusaha menjalin koordinasi dengan sejumlah unit terkait agar bisa terkoneksi langsung dengan sistem pelayanan publik yang ada di PTSP dan JAKI.

Lurah Pegangsaan Dua, Vera Fitria mengatakan bahwa terobosan inovasi yang dilakukan Pengurus RW 012 dan Warga setempat patut diacungkan jempol dan kreatifitas ini menjadi sebuah contoh bagi wilayah lain.

”Ini patut diapresiasi dan kami sangat berharap inovasi dan kolaborasi yang telah digagas oleh para pengurus RW 012 Pegangsaan Dua bisa menjadi contoh dan motivasi bagi RW di wilayah lainnya agar dapat berbuat serupa bahkan lebih,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2629 seconds (0.1#10.140)