Cacar Monyet Masuk Jakarta, Anggota DPRD DKI Ini Imbau Warga Jangan Panik dan Jaga Prokes Ketat

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:35 WIB
loading...
A A A
"Pemprov DKI harus sudah membuat planning untuk pencegahan dan penanganan masalah virus ini secara massif, antisipasi sejak dini agar tidak mewabah seperti Covid-19," tandasnya.



"Kasus Covid-19 bisa menjadikan satu pelajaran, bahwa virus yang belum ada vaksinnya tidak bisa di anggap enteng dan sebelah mata, apalagi virus Covid-19 ini belum benar-benar selesai dan dengan munculnya virus cacar monyet jika tidak di tangani dengan serius dikhawatirkan bisa menambah beban baru," lanjut Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPD PDI Perjuangan Jakarta itu mengingatkan ancaman penularan penyakit cacar monyet tidak bisa dianggap main-main. Jadi protokol kesehatan yang sering dianjurkan oleh pemerintah dalam menghindari penularan Covid-19, bisa juga dilakukan guna mengantisipasi dan menghindari penularan cacar monyet.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi penyakit Monkeypox atau cacar monyet yang teridentifikasi di Indonesia tidak akan menyebabkan pasien mengalami perburukan gejala hingga menyebabkan situasi fatal.

Berdasarkan data terkini Kemenkes RI, dari 39-40 ribu kasus konfirmasi cacar monyet di dunia, setidaknya 12 orang yang tercatat meninggal dunia pasca terinfeksi. Dengan demikian, fatality rate atau tingkat kasus kematian cacar monyet menurutnya sangat rendah atau berkisar 0,04 hingga 0,05%.

Saat ini, kata Kent, pemerintah belum bisa memastikan status atau kategori cacar monyet dari temuan pasien di Jakarta, karena masih menunggu detail data dari tes whole genome sequencing (WGS).

Oleh karena itu, Dinkes DKI harus benar-benar bisa mengantisipasi bagaimana caranya agar penyakit ini tidak menyebarluas. "Jangan mempunyai mindset baru bekerja maksimal jika muncul kasus banyak, kalau kasus hanya sedikit lantas di pandang sebelah mata. Harus diubah pola pikir seperti itu," tegas Ketua IKAL PPRA LXII Lemhannas RI ini.

Selain itu, Kent meminta kepada pemerintah agar mengetatkan sejumlah pintu masuk penyakit ini, khususnya di DKI Jakarta. Langkah ini wajib dilakukan agar penyakit tersebut statusnya tidak meningkat menjadi pandemi.

“Karena virus ini tidak berasal dari Indonesia, jadi saya berharap pintu-pintu masuk ke Indonesia harus betul betul di awasi dengan ketat terkhusus di wilayah Jakarta. Pemerintah dalam hal ini Kemenkes bisa melakukan pengecekan di sejumlah pintu masuk dengan menggunakan peralatan yang mutakhir, sehingga indikasi awalnya bisa diketahui dan terdeteksi,” tutur Kent.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)