Dinkes DKI Klaim Belum Ada Penularan Lokal Cacar Monyet di Jakarta

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:34 WIB
loading...
Dinkes DKI Klaim Belum Ada Penularan Lokal Cacar Monyet di Jakarta
Cacar monyet. Foto: ilustrasi/newsdigestblog.org
A A A
JAKARTA - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, hingga saat ini belum ada penularan lokal cacar monyet atau monkeypox di Jakarta. Hingga saat ini, baru satu pasien terkonfirmasi cacar monyet dan sedang melakukan isolasi mandiri di indekos.

"Relatif kita belum menemukan kasus yang menularkan lokal di Jakarta," kata Dwi saat dihubungi wartawan, Rabu (24/8/2022). Baca juga: Ditemukan di Jakarta, 7 Fakta Cacar Monyet yang Perlu Diperhatikan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, satu pasien yang terkonfirmasi positif cacar monyet tinggal di indekos. Namun, ia tak menjelaskan detail lokasi indekos tempat pasien melakukan karantina.

"Atas kesepakatan bersama, jadi domisilinya belum bisa disampaikan. Pokoknya di Jakarta, tinggal di kos-kosan, usianya 27, laki-laki, baru pulang dari Eropa Barat," ujar Ariza kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 22 Agustus 2022.



Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, satu pasien yang terkonfirmasi cacar monyet asal Jakarta sempat melakukan perjalanan wisata ke sejumlah negara di Eropa Barat. Diketahui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengkonfirmasi temuan virus tersebut, Sabtu 20 Agustus 2022.

"Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, pada tanggal 8 Agustus 2022," kata Widyastuti dalam keterangannya. Baca juga: Pasien Terkonfirmasi Cacar Monyet di Jakarta Ternyata Tinggal di Indekos
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1850 seconds (10.55#12.26)