Security Dalang Pembobolan Kantor di Makasar dengan Kerugian Rp2 Miliar

Rabu, 15 Juni 2022 - 22:41 WIB
loading...
Security Dalang Pembobolan Kantor di Makasar dengan Kerugian Rp2 Miliar
Aksi pencurian terjadi di PT Mega Teknologi Investama yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Aksi pencurian terjadi di PT Mega Teknologi Investama yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur . Aksi pencurian tersebut diketahui melibatkan petugas security yang bekerja di kantor tersebut.

Salah seorang juru parkir yang berada di lokasi, Anto (36) menjelaskan, pelaku pembobol kantor tersebut terdiri dari tiga orang pria dan terjadi saat kantor libur akhir pekan pada Minggu 29 Mei 2022. Ketiga pelaku bekerja sama dengan security kantor agar mendapatkan akses kunci ganda yang diamanahkan kepadanya.

"Yang jelas, seluruh barang di kantor itu diangkut. Mereka pakai mobil bak, mereka dua kali bolak-balik untuk bawa barang," ujar Anto kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

Saat kondisi kantor sedang tutup dan sepi, kerja sama komplotan pencuri dan security tersebut berhasil menggasak seluruh aset dan barang-barang yang ada di kantor tersebut. Menurut Anto, barang-barang yang digasak itu dibawa menggunakan mobil bak.

"Ini perusahaan kontraktor, sudah lumayan lama buka. Tapi sekarang lagi enggak aktif. Pas kejadian, saya sempat tanya sama security-nya ngapain, katanya lagi mau pindahan," tutur Anto.

Berdasarkan informasi, aset yang digondol oleh komplotan tersebut meliputi sejumlah komputer, keyboard, laptop, printer, AC, telepon, handphone, meja komputer, meja, dan tempat duduk serta brankas berisi dokumen perusahaan.

Karena tahu security tersebut bekerja di kantor itu, Anto percaya saja dengan pernyataan modus pindahan yang disampaikan karena sudah mengenal lama petugas keamanan yang telah bekerja lama di kantor PT Mega Teknologi Investama itu.



"Pas masuk juga mereka enggak merusak pintu. Security kan punya kunci, jadi dibuka seperti biasa saja. Makanya saya enggak mengira kalau maling. Enggak tahunya begitu," ujarnya.

Sedangkan pihak kantor yang dibobol tersebut baru mengetahui adanya aksi pencurian pada Rabu 1 Juni 2022. Kemudian mereka melaporkan kasus pencurian dengan pemberatan tersebut ke SPKT Polsek Makasar.

Saat ini, dua dari tiga pelaku termasuk security kantor yang menjadi dalang aksi sudah diamankan jajaran Unit Reskrim Polsek Makasar, sementara satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

Kedua pelaku berinisial AH (26) dan SM (25) diamankan pada Senin 13 Juni 2022 di sebuah bedeng kawasan Sentiong, Jakarta Pusat. Sementara satu pelaku lain berinisial IH dalam pengejaran.

Diketahui, total kerugian dari kantor tersebut sementara mencapai Rp2 miliar. Hal ini diketahui berdasarkan laporan pihak perusahaan ke SPKT Polsek Makasar, kerugian yang dialami karena tergolong kasus pencurian disertai pemberatan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)