6 Bangunan Peninggalan Belanda di Jakarta, Nomor 4 Bekas Rumah Pribadi

Selasa, 14 Juni 2022 - 08:16 WIB
loading...
6 Bangunan Peninggalan Belanda di Jakarta, Nomor 4 Bekas Rumah Pribadi
Museum Fatahillah, Jakarta, salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda.Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat, Indonesia pernah menjadi jajahan Belanda selama lebih dari 300 tahun. Belanda melebarkan koloninya di Tanah Air dan banyak meninggalkan bangunan-bangunan penting bersejarah.

Di Jakarta banyak bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda. Dilansir dari berbagai sumber,
berikut 6 bangunan peninggalan Belanda di Jakarta.

1. Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Jika mengunjungi Kota Tua, pasti akan menemukan banyak bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda di wilayah tersebut. Sebab, Kota Tua merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda yang seluruh aktivasnya berpusat di sana.

Salah satu gedung ikonik yang selalu menjadi magnet wisatawan adalah Museum Sejarah Jakarta, atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah.

Melansir artikel bertajuk "Pelestarian Bangunan Kolonial Museum Fatahillah di Kawasan Kota Tua Jakarta’, diketahui bahwa museum ini mulai dibangun pada tahun 1620. Namun, pembangunannya tidak berjalan mulus karena terkesan terburu-buru.

Museum yang semula dijadikan Gedung Balai Kota itu kembali dibangun pada 30 Mei 1626. Karena dianggap terlalu kecil, maka gedung satu lantai itu diperluas dan dijadikan gedung termasyhur milik Batavia pada tahun 1710.
6 Bangunan Peninggalan Belanda di Jakarta, Nomor 4 Bekas Rumah Pribadi

Foto/SINDOphoto

Usai Indonesia disusupi tentara Jepang pada 1942 sampai 1945, bangunan ini berfungsi sebagai tempat dikumpulkannya logistik untuk para tentara Jepang. Gedung megah ini kembali beralih fungsi pada 1952 sampai 1968 sebagai Markas Komando Militer Kota dan berganti nama menjadi Kodim 0503 Jakarta Barat. Per 30 Maret 1974, bangunan ini diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta oleh pemerintah.

2. Stasiun Tanjung Priok

Bangunan peninggalan Belanda yang masih ada dan berfungsi baik hingga kini adalah Dtasiun Tanjung Priok. Jika dilihat dari luar, bangunan stasiun ini sangat megah dengan warna putih yang mendominasi. Stasiun ini dibangun pada tahun 1914 saat masa kepemimpinan Gubernur Jenderal A.F.W Idenburg.
6 Bangunan Peninggalan Belanda di Jakarta, Nomor 4 Bekas Rumah Pribadi

Foto/Istimewa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)