408 Calhaj Kloter Pertama Jawa Barat Masuk Asrama Haji Bekasi

Jum'at, 03 Juni 2022 - 10:35 WIB
loading...
408 Calhaj Kloter Pertama Jawa Barat Masuk Asrama Haji Bekasi
Sebanyak 408 calhaj asal Kabupaten Subang, Jawa Barat tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Kota Bekasi. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Sebanyak 408 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Subang, Jawa Barat tiba di Asrama Haji Bekasi , Kota Bekasi. Ratusan calhaj itu akan akan menerima pembekalan dan melakukan karantina sebelum diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Pantauan di lokasi, mereka tiba sejak pukul 07.15 WIB menggunakan armada bus. Ratusan calhaj memakai batik bernuansa merah-putih dengan membawa koper bertuliskan foto dan nama masing-masing jamaah.

Mereka langsung dikumpulkan di aula asrama untuk dilakukan serah terima jamaah oleh Bupati Subang dengan Panitia Asrama Haji. Setelah serah terima, para calhaj kemudian kembali dilakukan pengecekan administrasi sebelum akhirnya memasuki kamarnya masing-masing.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam mengatakan, ratusan calhaj yang datang ini merupakan kloter pertama yang akan diberangkatkan dari Jawa Barat.

Ajam menjelaskan, calhaj wajib menerapkan protokol kesehatan selama melakukan ibadah haji.

“Secara khusus itu yaitu hanya protokol kesehatan kemudian khususnya itu ya pembatasan usia itu juga yang ditentukan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, usia dan PCR, jadi diimbau menggunakan prokes,” kata Ajam saat ditemui di lokasi, Jumat (3/6/2022).

Ajam mengatakan, calhaj akan dikarantina terlebih dahulu meskipun sebelumnya sudah melakukan proses pemeriksaan kesehatan. Adapun pada Sabtu (4/6/2022) dini hari mereka akan diberangkatkan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Umumnya calhaj Jawa Barat sudah siap berangkat dalam keadaan informasi dari kabupaten atau kota mereka sudah dipersiapkan baik dari kesehatan, kebugaran, fisik terutama terkait dengan masalah manasik haji dan hari ini merupakan hari yang pertama untuk kedatangan masuk asrama haji,” ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)