Daftar Tunggu Haji 2023 untuk Wilayah Jabodetabek, Masih Tergolong Singkat!

Rabu, 07 Juni 2023 - 14:11 WIB
loading...
Daftar Tunggu Haji 2023 untuk Wilayah Jabodetabek, Masih Tergolong Singkat!
Daftar tunggu haji 2023 penting untuk diketahui sebelum melakukan pendaftaran. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Daftar tunggu haji 2023 penting untuk diketahui sebelum melakukan pendaftaran. Pasalnya, masing-masing calon haji di wilayah Indonesia memiliki masa tunggu yang berbeda.

Saat ini ada 24 provinsi yang dihitung berdasarkan kuota provinsi. Di luar itu, terdapat 128 kota/kabupaten yang tidak menggunakan kuota provinsi, melainkan menggunakan kuota kota/kabupatennya sendiri.

Salah satu faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan para jamaah haji yaitu banyaknya jumlah pendaftar dan sedikitnya kuota dari tiap provinsi atau kota/kabupaten. Semakin banyaknya pendaftar, maka akan semakin lama calon haji akan menunggu gilirannya.



Diketahui, daerah dengan masa tunggu yang paling singkat di Indonesia adalah calon haji yang berasal dari Kabupaten Maluku Barat. Kabupaten yang satu ini hanya memiliki masa tunggu selama 11 tahun saja.

Sedangkan untuk masa tunggu yang paling lama berasal dari wilayah Kabupaten Bantaeng. Para jamaah haji yang berasal dari kabupaten ini diwajibkan menunggu selama 47 tahun untuk pergi ibadah ke tanah suci Makkah.

Wilayah Jabodetabek di Pulau Jawa memang tergolong sebagai kawasan dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Meski begitu, masa tunggu untuk calon jamaah haji dari wilayah Jabodetabek tergolong cukup singkat yaitu berkisar 22 hingga 29 tahun saja.


Daftar Tunggu Haji Wilayah Jabodetabek 2023

Dikutip dari laman resmi Kemenag pada Rabu, (7/6/2023), berikut daftar tunggu haji untuk wilayah Jabodetabek 2023:

- DKI Jakarta: 27 tahun

- Kota Bogor: 22 tahun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0661 seconds (0.1#10.140)