Relawan Gugus Tugas: Menciptakan Pasar Tangguh Butuh Waktu

Senin, 22 Juni 2020 - 20:39 WIB
loading...
A A A
Informasi lain adalah, adanya pasar kaget tak jauh dari lokasi Pasar Tebet. Kegiatan pasar kaget dimulai habis shubuh, sekitar pukul 05.00 sampai sekitar pukul 09.00 WIB.

Akhirnya Lebih Tertib

Hari pertama pelaksanaan baksos Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19, sejumlah pejabat hadir dan ikut memantau langsung kondisi Pasar Tebet. Di antara mereka tampak Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan, Direktur Kesiapsiagaan, Enny, Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Kasi Biro Dinsos DKI Jakarta, Zaenal, dan Lurah Tebet Siti Fauziyah Ghazali.

Acara dihadiri Wakil Ketua Pangarso Suryotomo dan ketua bidang non medis Dandi Prasetya. Beberapa saat kemudian, menyusul hadir Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali. Para pejabat tersebut juga melakukan inspeksi mendadak ke dalam pasar. Mereka berdialog dengan para pedagang dan pembeli. “Setidaknya, ada perbaikan konkret yang langsung dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Andre.

Karena mengetahui para pejabat hadir di Pasar Tebet, seketika tempat cuci tangan diperbaiki. Bilik disinfektan juga diaktifkan. Tampak pula petugas PD Pasar Jaya melakukan cek suhu dengan therman gun. Keluhan relawan tentang banyaknya akses masuk-keluar pasar juga langsung diperhatikan. Beberapa pintu langsung ditutup.

Andre menggaris-bawahi hadirnya relawan yang merupakan warga Tebet. “Pendekatannya jadi terasa lebih personal, karena banyak di antara relawan yang kenal dengan para pedagang maupun para pembeli. Dengan begitu, sosialisasi terasa lebih cair,” ujarnya.

Upaya mewujudkan “Pasar Tangguh” juga diapresiasi banyak pihak. Tak kurang dari Wali Kota Jakarta Selatan bahkan meminta agar aksi sama juga dilakukan di Pasar Tebet Barat dan pasar-pasar lain di Jakarta Selatan.

Bukan hanya itu. Beberapa donor juga melirik kegiatan ini. Misalnya lembaga donor Australia yang memiliki program Siap Siaga juga sedia meniru kegiatan Tim Relawan Covid-19. Demikian pula relawan dari Baznar yang siap membantu mereplikasi kegiatan serupa di tempat lain. (Baca: Evakuasi Pemulangan ABK, Satgas Sebut 44 Warga Reaktif Covid-19 )

Tim Relawan Covid-19 juga sedang mensurvei Pasar Minggu dan berkoordinasi dengan pengelola pasar. “Saat ini kami sedang mendata relawan yang berdomisili di sekitar Pasar Minggu. Pola seperti di Tebet akan kami terapkan pula di Pasar Minggu. Kemudian ke stasiun Manggarai,” tambahnya.

Terbilang sukses dengan program “Pasar Tangguh” di Tebet, tidak membuat Andre puas. Tampak di wajahnya masih terpancar sesuatu yang mengganjal. “Benar, saya concern dengan kesadaran masyarakat. Diam-diam di Tebet tadi saya memperhatikan, banyak pedagang melepas masker atau face shield. Mereka buru-buru memakai kalau melihat petugas bersama tim relawan datang. Saya prihatin,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)