DKI Mulai Buka Tempat Wisata, Ibu Hamil dan Anak-anak Nanti Dulu

Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, kawasan Monas telah lebih dahulu melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah titik seperti area luar tugu Monas dan satu titik di dalam kawasan tugu Monas. "Kita juga menggunakan cairan yang sesuai dengan standar Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kementrian Kesehatan RI, yaitu cairan klorin dan kaporit 60% sehingga aman karena sesuai ambang batas,"ungkapnya.

Sementara itu, pemandangan sepi masih terlihat di kawasan Taman Marga Satwa Kebun Binatang Ragunan. Dari pemantauan KORAN SINDO, kemarin hanya ada tiga petugas keamanan yang tengah berjaga-jaga di area depan pintu masuk tempat wisata outdoor ini. (Baca juga: Besok Buka, Ragunan Batasi 1.000 Pengunjung Perhari)

Hal ini pun dipertegas Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan Ketut Widarsana. Dia mengatakan rencana pembukaan kembali fase pertama dimulai hari ini sampai dengan 28 Juni 2020.

Sejumlah aturan baru diterapkan untuk mencegah penularan virus corona saat Ragunan beroperasi pada PSBB Transisi, di antaranya, pembatasan jumlah pengunjung Ragunan. Hal ini dilakukan dengan cara pengunjung diwajibkan mendaftar secara online terlebih dahulu untuk mendapatkan tiket masuk.

"Sehari sebelum berkunjung daftar dahulu melalui goole form link bit.ly/pesantiketTMR dan satu kali pendaftaran maksimal lima orang. Jumlah pengunjung pun kita batasi maksimal 1.000 orang per hari Selasa sampai dengan Minggu. ?Hari Senin tetap diberlakukan hari libur satwa (tidak menerima kunjungan)," kata Ketut.

Setelah mendaftar tiket secara daring, pengunjung Taman Margasatwa Ragunan dapat melakukan verifikasi pendaftaran daring di loket yang dibuka dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Sementara jam operasional kunjungan Ragunan mulai dibuka pukul 08.00 sampai 13.00 WIB.

"Untuk akses masuk pengunjung sendiri hanya melalui pintu utara di Jalan Harsono RM dan pintu barat di Jalan Kavling Polri Cilandak KKO," ujar Ketut.

Selain itu, Ragunan mewajibkan pengunjung memakai masker wajah dan membawa hand sanitizer sendiri dan tidak dalam kondisi sakit. Taman margasatwa ini pun melarang anak dan ibu hamil berkunjung dalam periode ini.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan masyarakat saat ingin mengunjungi tempat wisata saat new normal?

Disinggung mengenai pembukaan tempat wisata, epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, tempat wisata seharusnya ditempatkan pada fase terakhir saat diterapkan kebijakan pelonggaran. Sebagaimana kegiatan nonesensia lainnya seperti hiburan malam dan rekreasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)