Bangga! Dancing Fountain Tirta Cerita TMII Masuk Daftar 5 Air Mancur Terbaik Dunia

Selasa, 09 April 2024 - 17:21 WIB
loading...
Bangga! Dancing Fountain Tirta Cerita TMII Masuk Daftar 5 Air Mancur Terbaik Dunia
Air Mancur Menari Tirta Cerita di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur masuk daftar air mancur menari terbaik di dunia. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Belakangan ini ramai di media sosial daftar air mancur menari terbaik di dunia, salah satunya Indonesia tepatnya di TMII , Jakarta Timur.

Air mancur menari atau dancing fountain adalah sebuah pertunjukan dari teknologi tinggi yang membuat semburan air dengan pola-pola indah dengan diiringi musik dan pertunjukan cahaya atau lighting menawan.



Dancing fountain ini kerap menjadi ikon dan atraksi pariwisata karena menghadirkan atraksi seru ditambah dengan karya seni dan pertunjukan indah dan megah.

Berikut dancing fountain terbaik di dunia yang baru-baru ini viral di media sosial:

1. Spectra Light & Water Show – Marina Bay Sands, Singapura

Berdurasi sekitar 15 menit, air mancur Spectra Light and Water Show ini menampilkan pertunjukan laser, cahaya, gerakan air, grafis, serta belakang suara dan musik yang apik. Air mancur menari-nari mengikuti musik soundtrack orkestra orisinil yang disusun produser dan komposer musik Singapura Kenn C dengan gabungan teknologi visual yang menarik.

Air mancur menari ini menceritakan perjalanan Singapura dari sejumlah masyarakat yang multikultural hingga menjadi kota kosmopolitan dengan gambaran visual yang merepresentasikan metamorfosis dari kehidupan sosial Singapura dengan berbagai kompleksitasnya.

2. West Lake Musical Fountain – Hangzhou, China

Berada di West Lake Kota Hangzhou, air mancur menari West Lake Musical Fountain berada tepat di Grand Hyatt Hotel dan lokasinya mudah ditemukan. Air mancur musikal ini merupakan salah satu landmark budaya di Hangzhou dan menjadi salah satu air mancur musikal paling terkenal dan dihormati.

Sempat ditutup pada tahun 2020 untuk perbaikan, namun pada Juli 2023 kembali dibuka. Dengan memperlihatkan keindahan Danau Barat Hangzhou yang indah, pertunjukan air mancur menari ini dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat.

3. Tirta Cerita – TMII, Indonesia

Air mancur menari yang satu ini masuk daftar air mancur menari terbaik di dunia. Siapa yang tak asing dengan namanya? Air Mancur Menari “Tirta Cerita” ini terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pertunjukan spektakuler ini merupakan karya anak bangsa dengan pertunjukan drone terbesar di Asia Tenggara.

Tirta Cerita berada di kawasan TMII tepatnya Danau Archipelago yang merupakan miniatur Kepulauan Indonesia. Dalam pertunjukan ini kita bisa melihat harmonisasi aransemen musik dengan video mapping spektakuler dengan menghadirkan atraksi sebanyak kurang lebih 300 drone.

Selain harmonisasi antara air mancur menari, musik, dan drone, di Tirta Cerita juga ditampilkan teknologi waterscreen yang menampilkan 8 cerita rakyat atau dongeng. Dongeng tersebut yakni Si Kancil dan Buaya, Keong Emas, Roro Jonggrang, Timun Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, Lutung Kasarung, Malin Kundang, dan Ande-Ande Lumut.

Sejak diresmikan pada 1 September 2023, TMII yang dikelola Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney ini telah ditonton jutaan pasang mata.

Untuk masyarakat yang belum sempat melihat, tak perlu khawatir karena Tirta Cerita hadir setiap hari mulai pukul 18.45 WIB di Danau Archipelago tepatnya di depan anjungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, TMII juga menyajikan program seru selama libur Lebaran yakni Jelajah Seru Lebaran yang berlangsung 8-15 April 2024 pukul 18.45 WIB. Terdapat bazar kuliner nusantara, pesta seni dan budaya, serta air mancur menari Tirta Cerita tentunya juga hadir untuk mengisi libur lebaran bagi masyarakat yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

4. Disney Illuminated Fountain Show – Longwood Gardens, USA

Terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat, Disney Illuminated Fountain Show merupakan sebuah pertunjukan air mancur bercahaya dengan menampilkan berbagai genre musik dari klasik hingga rock serta lagu-lagu bertemakan Disney. Pertunjukan air mancur menari ini kurang lebih berlangsung sekitar 15-30 menit.

5. The Dubai Fountain – Dubai, Uni Emirat Arab

Air mancur menari The Dubai Fountain terkenal sebagai air mancur menari terbesar di dunia dengan ukuran yang sangat besar dan arsitektur yang indah. Dilengkapi dengan pertunjukan koreografi unik dan cahaya memukau serta alunan musik klasik dan kontemporer, air mancur menari ini terletak di Danau Burj Khalifa di pusat pengembangan Downtown Dubai.

Dengan diterangi sekitar 6.600 lampu dan 50 protektor berwarna, air mancur menari ini memiliki panjang 275 meter dan mengarahkan air ke udara dengan tinggi 152,4 meter.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)