Tetap Berlakukan Prokes, Begini Suasana Ibadah Jumat Agung di Kelapa Gading

Jum'at, 15 April 2022 - 15:42 WIB
loading...
Tetap Berlakukan Prokes, Begini Suasana Ibadah Jumat Agung di Kelapa Gading
Gereja di wilayah Jakarta Utara, khususnya di Kelapa Gading, melakukan pelayanan ibadah Jumat Agung secara langsung atau tatap muka (offline). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Seluruh umat Kristiani melakukan Misa atau ibadah untuk memperingati hari kematian Isa Al-Masih atau yang dikenal dengan 'Peringatan Hari Jumat Agung', Jumat (15/4/2022). Dalam ibadah tersebut terlihat sejumlah gereja di wilayah Jakarta Utara, khususnya Kelapa Gading, melakukan pelayanan ibadah secara langsung atau tatap muka (offline).

Berdasarkan pantauan SINDOnews, dalam ibadah Jumat Agung ini pengelola ataupun pengurus gereja tetap memberlakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi jemaat.

Sebelum mengikuti ibadah, ada beberapa gereja yang mewajibkan jemaat untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum. Saat mengikuti ibadah, ada sejumlah aturan di masa Pandemi yang harus diikuti para jemaat.



Salah satunya seperti yang dilakukan Gereja Kim Tae Gon. Panitia atau Pengurus Gereja masih memberlakukan protokol kesehatan seperti jaga jarak antarkursi, memakai masker, menyiapkan hand sanitizer.

Selama ibadah berlangsung, pengurus gereja juga melakukan pembatasan jumlah jemaat yang hadir. Hal ini sesuai dengan kapasitas kursi yang tersedia di dalam gereja.



Sebelum memasuki ruang ibadah, jemaat diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan melakukan pengecekan suhu. Adanya pelaksanaan prokes ini membuat suasana ibadah semakin khusuk. Usai ibadah, jemaat lanjut mengikuti perjamuan kudus.



Di sisi lain, Polsek Kelapa Gading mengerahkan puluhan personel untuk mengamankan ibadah Jumat Agung yang dilakukan beberapa gereja. Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rio Mikael Tobing mengatakan. dalam pengamanan ibadah Jumat Agung ini pihaknya mengerahkan sebanyak 45 personel gabungan dari TNI - Polri.

"Dalam pengamanan ibadah Paskah pada hari Jumat tanggal 15 April 2022, terdapat belasan gereja yang melaksanakan Misa di Kelapa Gading dan ada 45 personel yang turut mengamankan," kata Rio saat dikonfirmasi.

Di wilayah Kelapa Gading terdapat 15 gereja yang melaksanakan ibadah Jumat Agung. Dari jumlah itu, 12 gereja melaksanakan misa pagi dan 3 gereja lainnya misa siang atau pada sore hari. Pada saat pelaksanaan ibadah, pihak pengelola ataupun pengurus gereja tetap memberlakukan protokol kesehatan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)