Jelang Ramadhan, Minat Warga Jakarta Utara Vaksin Covid-19 Meningkat

Jum'at, 01 April 2022 - 15:26 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Minat Warga Jakarta Utara Vaksin Covid-19 Meningkat
Menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, terjadi peningkatan jumlah peserta vaksinasi Covid-19. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, terjadi peningkatan jumlah peserta vaksinasi Covid-19 . Salah satunya yang terjadi di wilayah Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Dian Anggrainy mengungkapkan, terjadi peningkatan hingga 80-90%. Hal ini terlihat
dalam satu hari, pihaknya melayani sekitar 2.000 - 2.500 peserta vaksin.

"Antusiasme masyarakat yang sangat baik terhadap vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pengendalian pandemi Covid-19 harus difasilitasi juga dengan pelayanan yang baik," kata Dian saat dikonfirmasi, Jumat (1/4/2022).

Maka itu, kata dia, pihaknya membuka layanan vaksinasi mulai Senin hingga Jumat.

"Untuk mendukung hal itu, Puskesmas Kecamatan Cilincing membuka layanan vaksinasi mulai Senin-Jumat pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan layanan kesehatan di Puskesmas Kelurahan dimulai Senin-Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB," tuturnya.

Dian menjelaskan, dalam kurun waktu satu minggu terakhir ini juga terjadi peningkatan jumlah peserta vaksinasi booster. Adanya peningkatan juga bisa dilihat pada hasil kegiatan vaksinasi hari ini, di mana ada 112 orang yang divaksinasi dosis pertama.

"200 orang untuk dosis kedua, dan 2.881 orang yang divaksinasi booster. Jenis vaksin booster yang digunakan yaitu Pfizer, Astra Zeneca, dan Moderna," bebernya.



Hingga saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Cilincing untuk dosis pertama sudah 83,68%, dosis kedua 74,63%, dan dosis ketiga atau booster sekitar 18,91%.

"Semoga dengan ikhtiar bersama ini dapat menekan laju kasus Covid-19 dan menciptakan herd imunity sehingga kasus Covid-19 khususnya di Kecamatan Cilincing dapat terkendali," ucap Dian.

Salah satu warga Kelurahan Semper Timur Fitri mengatakan adanya kebijakan pemerintah yang memberlakukan sertifikat vaksinasi dosis kedua dan booster sebagai persyaratan untuk perjalanan mudik membuat dirinya berburu tempat vaksin.

"Dari pagi saya sudah datang dan antre untuk divaksinasi booster. Rencananya, nanti mau mudik ke Yogyakarta jadi harus lengkap sertifikat vaksinasinya," ucap Fitri.

"Tadi saya disuntik vaksin booster Pfizer dan ternyata layanannya sangat cepat, update sertifikat vaksinasinya bisa langsung terlihat di aplikasi PeduliLindungi hanya dalam hitungan beberapa jam," tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9221 seconds (0.1#10.140)