Percepat Vaksinasi, Pemkab Tangerang Luncurkan Mobil Vaksinasi Keliling

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 10:26 WIB
loading...
Percepat Vaksinasi, Pemkab Tangerang Luncurkan Mobil Vaksinasi Keliling
Pemkab Tangerang menghadirkan mobil vaksinasi keliling untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok desa.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemkab Tangerang menghadirkan mobil vaksinasi keliling untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok desa. Ini dilakukan untuk mempercepat laju vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, dan mempercepat herd immunity .

"Hari ini kita berada di Kecamatan Kelapa Dua yang menjadi zona merah dan sekarang kita coba usahakan untuk mempercepat proses vaksinasi di Kecamatan Kelapa Dua, salah satunya dengan mobil vaksinasi keliling," ungkap Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Sabtu (7/8/2021).

Zaki mengatakan, pemantauan kegiatan vaksinasi ini sekaligus launching inovasi mobil vaksinasi keliling.
Keberadaan mobil vaksinasi keliling ini untuk mempermudah dan menjangkau masyarakat dalam rangka mempercepat dan mempermudah proses vaksinasi di lingkungan RT maupun RW terutama di kecamatan yang masuk zona merah hingga ke pelosok wilayah Tangerang.

"Mobil vaksinasi keliling ini upaya jemput bola, jadi nanti bisa di tempat-tempat atau di sekretariat RT atau RW yang ada di daerah masing-masing. Kapasitasnya bisa melayani sampai 200-300 orang yang divaksin," katanya.

Untuk saat ini baru ada satu mobil yang sudah siap, tetapi akan tersedia tiga lagi untuk dipersiapkan menjadi mobil vaksinasi keliling dengan metode jemput bola di daerah-daerah atau di pelosok pelosok kampung ataupun Desa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desiriana Dinardiani mengatakan, tujuan mobil vaksinasi keliling ini adalah untuk mendekatkan masyarakat yang belum divaksinasi. Karena selama ini vaksinasi dilakukan di Puskesmas kemudian, rumah sakit dan di beberapa sentra sentra vaksin yang disediakan oleh pemerintah dan untuk itu kita masih memerlukan strategi yang lain karena banyak juga masyarakat terutama yang di pedesaan yang tidak sempat atau sulit menjangkau sentra-sentra vaksin tersebut.

"Kita berinisiatif untuk melakukan jemput bola, jadi kita yang mendekatkan diri kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi pada masyarakat di lingkungan-lingkungan khususnya desa," ujarnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)