6 Desa di Muaragembong Bekasi Ajukan Lepas Status Hutan

Minggu, 20 Februari 2022 - 07:00 WIB
loading...
6 Desa di Muaragembong Bekasi Ajukan Lepas Status Hutan
6 Desa di Muaragembong Kabupaten Bekasi ajukan lepas status hutan. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Sebanyak enam desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi mengajukan permohonan pelepasan status kawasan hutan sosial kepada pemerintah daerah setempat. Sebab, mereka meminta legalitas formil status tanah mereka.

”Sudah kami sampaikan surat permohonan yang dimaksud kepada Pemkab Bekasi dengan harapan dapat difasilitasi ke pemerintah pusat melalui KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan),” kata Camat Muaragembong Lukman Hakim, Minggu (20/2/2022).

Enam desa yang mengajukan permohonan tersebut antara lain Desa Pantai Mekar, Pantai Bakti, Pantai Bahagia, Pantai Sederhana, Pantai Harapan Jaya, serta Desa Jayasakti dengan total lahan seluas kurang lebih 14.000 hektare.

”Masyarakat kami butuh legalitas formil atas status tanah sebab faktanya eksisting hutan di Muaragembong sedikit sekali, nyaris tidak ada hutan,” ujarnya.

Ia mengaku permohonan ini sejalan dengan bergulirnya program pemerintah pusat terkait pelepasan status kehutanan sosial di sejumlah daerah se-Indonesia.

”Permohonan ini kami sampaikan sebagai bentuk ikhtiar dalam rangka mendapatkan kejelasan batas dan status hukum kepastian hak atas tanah bagi masyarakat di enam desa wilayah Kecamatan Muaragembong,” ucapnya.

Lukman mengungkapkan pengajuan permohonan pelepasan status kawasan hutan sosial di wilayahnya ini sebagaimana implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Kemudian didasari Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2021 terkait Penyelenggaraan Kehutanan pada ketentuan pasal 56 ayat (1) Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan secara parsial dilakukan berdasarkan permohonan.

”Progres dari program pemerintah pusat terkait hal ini juga sudah berjalan. KLHK pada Agustus 2021 merilis empat juta bidang tanah kehutanan yang telah dilepas statusnya dari hutan sosial dan aspek pembangunan infrastruktur akan bergerak cepat,” tegasnya.

Diketahui, sebanyak enam pemerintahan desa di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi mengusulkan agar status hutan dilepas. Tujuannya agar perekonomian warga serta pembangunan di sekitar bisa berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)