6 Desa di Muaragembong Bekasi Ajukan Lepas Status Hutan

Minggu, 20 Februari 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, para penggiat lingkungan hidup khawatir pelepasan status hutan itu bakal membuat alih fungsi lahan di wilayah paling utara di Kabupaten Bekasi semakin nyata. Pasalnya, tidak sedikit lahan di Muaragembong yang kini dikuasai oleh para pemilik modal.

Penggiat lingkungan hidup dari Komunitas Muaragembongkita, Ucie mengatakan, upaya pelepasan status hutan sudah sejak lama diwacanakan oleh berbagai unsur di Muaragembong. Jika upaya itu untuk memajukan kesejahteraan warga lokal, pihaknya mendukung penuh.

Namun, jika ada motif terselubung dari upaya tersebut, Ucie menegaskan pihaknya menolak keras. ”Jadi semangat awalnya mendukung perekonomian warga lokal. Jika status hutan lepas, warga bisa lebih mengembangkan produktivitasnya di bidang agraris. Jangan sampai ada motif lain,” tegasnya.

Ucie mengingatkan, dari jajaran perairan di utara Kabupaten Bekasi, hanya Muaragembong yang relatif masih asri. Sedangkan daerah lainnya, semisal Tarumajaya dan Babelan telah dieksploitasi untuk penambahan minyak dan batu bara.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)