Catut Nama Kepala Intel Kejari, Penipu Palak Sejumlah Pejabat di Tangsel

Jum'at, 28 Januari 2022 - 16:04 WIB
loading...
Catut Nama Kepala Intel Kejari, Penipu Palak Sejumlah Pejabat di Tangsel
Nama dan jabatan Kepala Seksi Intel Kejari Tangsel, Ryan Anugrah, dicatut untuk memalak sejumlah uang kepada para pejabat.Foto/Hambali/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
TANGERANG SELATAN - Nama dan jabatan Kepala Seksi Intel Kejari Tangsel , Ryan Anugrah, dicatut untuk memalak sejumlah uang kepada para pejabat. Modusnya pencatut tersebut meminta dana karena adanya pejabat dari Kejagung yang berkunjung ke Tangsel.

Pelaku mengirimkan chat melalui pesan singkat, di mana isinya meminta partisipasi bantuan dana dalam menyambut tamu dari Kejagung. Nantinya dana itu digunakan untuk membiayai kamar-kamar hotel.

Percakapan berupa pesan singkat antara pelaku dan salah satu pejabat menunjukkan permintaan dana tersebut. Beruntung, sang pejabat teliti dan mengonfirmasi langsung kepada Ryan Anugrah.

"Izin pak kebetulan kami kedatangan tamu dari tim Kejagung. Ada kendala finansial untuk fasilitasi hotel para tamu, kiranya berkenan campur tangannya. Komitmen pinjaman dana secara pribadi dimaksud mitra hukum kedepan," bunyi pesan WhatsApp dari pelaku.

Atas penipuan itu, Ryan langsung mencari tahu siapa saja pejabat yang telah dihubungi pelaku. Dia memastikan, pesan itu bukan berasal dari nomor handphonenya.
"Iya, saya sempat dikonfirmasi oleh beberapa orang yang mendapatkan pesan serupa dan saya sampaikan kepada mereka itu bukan saya. Nomornya bukan nomor telepon saya," kata Ryan pada Jumat (28/1/2022).

Ryan meminta kepada pihak-pihak yang telah dimintai bantuan donasi agar tidak memenuhi permintaan itu. Dia juga akan memeriksa internal jajaran Kejaksaan sebelum melaporkan hal tersebut ke polisi.

“Kepada teman-teman yang sudah dihubungi oknum tersebut, saya meminta untuk tidak menuruti permintaannya, karena saya pastikan itu penipu. Kita akan telusuri dulu di internal," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)