Pemkot Tangsel: Program Ngider Sehat Solusi Deteksi Dini Penyakit di Masyarakat

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:12 WIB
loading...
Pemkot Tangsel: Program...
Petugas memeriksa kondisi kesehatan warga Tangerang Selatan (Tangsel). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Program Ngider Sehat yang digagas Dinas Kesehatan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) sejak 2021 menjadi solusi untuk mendeteksi penyakit di masyarakat. Program tersebut sekaligus memperkuat komitmen dalam memastikan kesehatan masyarakat dari rumah.

Upaya tersebut ditunjukkan oleh petugas kesehatan Ngider Sehat dalam memberikan edukasi hingga tindak lanjut penanganan kepada masyarakat apabila diperlukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin, mengungkapkan Ngider Sehat menugaskan setiap petugas untuk melayani 20 Kartu Keluarga (KK) per hari di tiap kelurahan. “Jadi target keseluruhan bisa mencapai 1.080 KK per hari,” jelasnya, Rabu (23/10/2024).



Ngider Sehat memberikan layanan kesehatan berupa pendampingan kepada masyarakat untuk mendeteksi penyakit secara optimal serta penanganan lanjutan jika diperlukan.

Menurut Allin, penyakit yang sering kali dikeluhkan oleh masyarakat adalah hipertensi, kolesterol, dan diabetes. “Penyakit tersebut menjadi tiga kunjungan tertinggi selama program ini berlangsung,” katanya.



Meski program ini tak lepas dari berbagai tantangan, tetapi berkat kolaborasi bersama dengan kewilayahan menjadikan program ini mendapat respons positif dari masyarakat.

“Tentunya ada kendala dalam menjalankan program tersebut tetapi kendala tersebut sudah teratasi dengan menjalin komunikasi bersama pihak kelurahan, RT atau RW setempat," ujarnya.

Dia mengingatkan masyarakat terkait Program Ngider Sehat. Program ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat wilayah Tangsel dengan menghubungi hotline PKM, atau berkoordinasi dengan kader Petugas Ngider, bina wilayah, kader, hingga RT/RW setempat.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)