Viral, Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Tabrak Dam hingga Karam

Minggu, 09 Januari 2022 - 17:05 WIB
loading...
Viral, Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Tabrak Dam hingga Karam
Sebuah kapal berukuran besar mengalami karam di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Minggu (9/1/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Video viral di media sosial sebuah kapal berukuran besar mengalami kebocoran di Pelabuhan Sunda Kelapa , Jakarta Utara, Minggu (9/1/2022). Kapal tersebut menabrak dam hingga robek lambung kapal pada bagian samping kiri.

"Minggu 09/01, sebuah kapal Karam di pelabuhan sunda kelapa Jakarta Utara diduga mengalami kebocoran di lambung kapal. Berdasarkan informasi yang masuk, lambung kapal bagian samping kiri sobek berakibat bocor kapal. Lokasi pel Sunda Kelapa gudang 01," tulis akun Instagram @info.jakut, Minggu (9/1/2022).
Baca juga: Banjir Rob Lumpuhkan Jalan Lodan Depan Pelabuhan Sunda Kelapa

Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko telah meminta keterangan dari saksi Kapten Kapal Agus Triyoko Rachman. "Pada Sabtu (8/1/2022) pukul 12.00 WIB saat kapal memasuki kolam Pelabuhan Sunda Kelapa, lambung kanan kapal terkena angin (kondisi kapal kosong muatan) dan kapal terhempas ke kiri sehingga lambung kiri terkena dam," ujar Seto, Minggu (9/1/2022).

Kemudian, sekitar pukul 16.30 WIB kapal mulai miring sehingga kapten kapal menghubungi penyelam untuk mencari lubang dan melakukan pengelasan. Namun, karena sudah gelap tidak dapat dilakukan.

"Selanjutnya pada Minggu (9/1/2022) kemiringan kapal mencapai 45 derajat, kapten bersama kru (seluruhnya 19 orang) masih melakukan pemompaan air dari dalam kapal dan membeli pompa baru sebanyak 10 buah serta selang untuk memompa," kata Seto.
Baca juga: Banjir Rob, Pengusaha Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa Rugi Rp100 Juta

Tim penyelam masih berjaga di lokasi untuk memperbaiki atau mengelas kapal. Tindakan yang sudah dilakukan yakni pemompaan atau penyedotan dari kapal New Hummer ke laut dengan mendatangkan 1 mobil pompa dari Kementerian Pekerjaan Umum.

"Setelah air berkurang dan kapal mulai stabil, tim penyelam lalu memperbaiki kapal dan mengelas lambung kanan yang bocor. Setelah dilas dan sudah tidak bocor lalu dibawa ke pengedokan," ucapnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1876 seconds (11.97#12.26)