Antisipasi Banjir, Lumpur di Saluran Penghubung Kapuk Muara Dibersihkan

Kamis, 06 Januari 2022 - 11:45 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Lumpur di Saluran Penghubung Kapuk Muara Dibersihkan
SDA Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, melakukan pembersihan lumpur di PHB Jalan Perumahan Taman Grisenda, RW 010 Kelurahan Kapuk Muara. Foto: MNC Portal Indonesia/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Petugas Sumber Daya Air ( SDA ) Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, melakukan pembersihan saluran penghubung (PHB) di Jalan Perumahan Taman Grisenda, RW 010 Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan Pendi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengangkat endapan lumpur pada saluran dan dilakukan secara manual.

"Pengerjaan dilakukan dengan alat sederhana seperti pacul, linggis, arit, ember sampai dengan saringan kipas angin. Dikerjakan oleh sepuluh orang petugas SDA Kecamatan Penjaringan," kata Pendi saat dikonfirmasi Kamis (6/1/2022).

Pendi mengatakan, pengangkatan endapan saluran yang memiliki panjang 80 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 1,5 meter ini harus dilakukan karena mulai menebal dan diperkirakan akan selesai dalam seminggu.



"Diperkirakan tebal sedimen lumpur pada saluran penghubung Jalan Perumahan Taman Grisenda sudah hampir satu meter. Untuk menjaga aliran air dapat terus berjalan dengan baik, pengangkatan lumpur harus secepatnya dilakukan," tuturnya.

Dengan adanya pengurasan lumpur yang diperkirakan selesai dalam waktu tujuh hari. Pendi juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar untuk bersama sama menjaga kebersihan lingkungan.

"Untuk warga perumahan Taman Grisenda untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan. Mau ikut aktif berkolaborasi menjaga kebersihan saluran air, supaya saat terjadi hujan tidak ada genangan," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)