Antisipasi Banjir, 200 Personel Gabungan Gerebek Lumpur di Sawah Besar

Minggu, 05 Desember 2021 - 14:11 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, 200 Personel Gabungan Gerebek Lumpur di Sawah Besar
Gerebek lumpur di pusatkan di RW05 Kelurahan Sawah Besar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (5/12/2021). Foto: MNC Portal Indonesia/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 200 personel gabungan yang terdiri dari Sudin Sumber Daya Air, Bina Marga, Gulkarmat, Lingkungan Hidup, PPSU, warga, dan Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan kerja bakti dengan grebek lumpur yang di pusatkan di RW05 Kelurahan Sawah Besar, Sawah Besar, Minggu (5/12/2021). Gerebek lumpur dengan cara kerja bakti ini guna mengatasi banjir.

Kerja baksi ini dipimpin langsung Camat Sawah Prasetyo dan dihadiri Dewan Kota Perwakilan Kecamatan Sawah Besar, Dede Sulaeman, Ketua RW05 Tonny Tjiungwanara, dan para ketua RT di lingkungan RW05. Baca juga: Ada 82 Lokasi Gerebek Lumpur di DKI Jakarta, Progres Sudah Capai 80%

Prasetyo mengatakan, kerja bakti di lingkungan RW05 Kelurahan Pasar tidak hanya melakukan grebek lumpur. Tetapi, kata dia, perbaikan atau penambalan jalan yang rusak di sepanjang Jalan Pintu Besi.

“Kerja bakti di wilayah Pasar Baru tidak hanya melakukan grebek lumpur saja, tapi ada juga perbaikan jalan, hal ini untuk memberi rasa nyaman aman bagi pengendara kendaraan bermotor," kata Prasetyo.



Prasetyo menuturkan, diketahui saat ini memasuki musim penghujan yang diprediksi curah hujan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi banjir atau genangan kita selalu melaksanakan kerja bakti grebek lumpur setiap hari minggu.



Selaian, kerja bakti yang dilakukan setiap hari minggu, pihaknya juga sudah melaksanakan grebek lumpur setiap hari baik yang dilakukan oleh PPSU maupun SDA dan warga masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan segala upaya yang sudah dilakukan ini, di RW05 khususnya dapat mengurangi adanya genangan atau baniir," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Pasar Baru Arby Novianto memaparkan, kerja bakti grebek lumpur di wilayahnya pusatkan di lingkungan RW05, mengingat di Jalan Pintu Besi 1 masih ada genangan saat hujan datang. Baca juga: Antisipasi Banjir 2022, Gerebek Lumpur Kali Mookevart Ditargetkan Selesai 129 Hari

Arby menuturkan, genangan itu diakibatkan masih ada saluran mikro di jalan tersebut yang belum terangkut, hari dituntaskan bersama lintas sektoral. Selain itu melakukan pengurasan saluran, pihaknya juga melakukan perbaikan jalan yang rusak akibat tergerus air hujan, penopingan pohon, pembenahan trotoar, mengankut sampah rumah tangga, dan lain sebagainya.

"Saya berdoa, semoga apa yang telah diupayakan ini, mudah-mudahan RW05 tidak ada genangan lagi," pungkasnya.
(mhd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1543 seconds (10.177#12.26)