Misteri Pesawat Jatuh di Gunung Salak dan Keangkeran Segitiga Bermuda Indonesia

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:25 WIB
loading...
Misteri Pesawat Jatuh di Gunung Salak dan Keangkeran Segitiga Bermuda Indonesia
Puing-puing pesawat Sukhoi Superjet 100 di tebing Gunung Salak pada 2012 lalu. Kecelakaan pesawat tersebut menewaskan 45 orang. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Misteri pesawat jatuh di Gunung Salak tidak terlepas dari keangkeran segitiga misterius yang disebut segitiga bermudanya Indonesia. Menurut cerita yang berkembang, segitiga bermuda itu berada dalam 3 gunung yang lokasinya saling berdekatan yakni Gunung Halimun, Gunung Salak, dan Gunung Gede.

Ada anomali magnetik di segitiga bermuda. Tarikan magnet yang sangat besar di Gunung Salak bisa membuat sinyal kompas tak berfungsi yang dapat mengakibatkan pesawat gagal mengirim sinyal emergency dan radar terganggu sehingga kecelakaan tak terhindarkan.
Baca juga: Kisah Pendaki Tersesat di Gunung Salak, Ketemu Hewan Aneh hingga Prajurit Zaman Dulu

Banyak yang meyakini energi ketiga gunung itu terpusat di Istana Cipanas di mana terdapat sebuah gedung bernama Bentol yang dibangun Presiden Soekarno sekaligus tempat bermeditasi Bung Karno.

Di belakang Gedung Bentol terdapat sumber air panas yang disebut sumber air panas dari Siliwangi. Masyarakat sekitar yang menganut sistem kepercayaan Sunda Wiwitan meyakini bahwa segitiga bermuda adalah lokasi keramat dan suci yang memiliki medan magnet sehingga tidak boleh sembarangan dilewati karena dapat menimbulkan kecelakaan.

Sejak tahun 2003 hingga 2012 tercatat 6 kali musibah kecelakaan pesawat terjadi di Gunung Salak. Tahun 2003, sebanyak 7 orang tewas dalam musibah jatuhnya helikopter S-58 Twin Pack milik TNI Angkatan Udara. Tahun 2004, pesawat Paralayang JT500 jatuh dan menewaskan 3 orang.

Dua bulan kemudian pesawat Cessna 185 Skywagon juga jatuh dan menewaskan 5 orang. Pada tahun 2008, pesawat Cassa TNI AU A212-200 juga jatuh di Gunung Salak dan menewaskan 18 orang. Setahun berselang tepatnya April 2009, pesawat latih Sundowner menewaskan 3 orang. Terakhir tahun 2012 kecelakaan di Gunung Salak menimpa pesawat Sukhoi Superjet 100 yang menewaskan paling banyak korban, yakni 45 orang.
Baca juga: Seram Banget! Pendaki Gunung Salak Berubah Jadi Pocong Gara-gara Jimat Pesugihan

Ketika terjadinya kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf mengimbau agar maskapai penerbangan tidak menerbangkan pesawatnya melewati 3 gunung di pegunungan segitiga bermuda karena dianggap jalur berbahaya yang dapat memutus komunikasi pesawat.

Selain itu, cuaca di puncak Gunung Salak juga dikenal sering berubah-ubah secara drastis dan ekstrem. Kondisi inilah yang amat membahayakan apalagi sering terjadi kabut tebal di puncak gunung yang mempengaruhi penerbangan pesawat.

Alasan tersebut membuat pesawat komersil jarang melintas di atas Gunung Salak sehingga biasanya yang melintas adalah helikopter dan pesawat militer. Selain pesawat, bahkan burung yang terbang di tempat sakral tersebut bisa seketika mati mendadak.

MG08-Lorenza Ferary
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)