Kisah Misteri Ariah, Legenda Hantu Cantik Berkebaya Merah Penunggu Jembatan Ancol

Minggu, 29 Januari 2023 - 02:21 WIB
loading...
Kisah Misteri Ariah, Legenda Hantu Cantik Berkebaya Merah Penunggu Jembatan Ancol
Foto ilustrasi jalanan sekitar Jembatan Ancol Jakarta Utara pada masa penjajahan Hindia Belanda di Batavia. Foto/Istimewa/dailysia.com
A A A
JAKARTA - Cerita mistis tentang Ariah atau Mariam sosok asli di balik legenda Si Manis Jembatan Ancol di Jakarta. Kisahnya merupakan mitos yangdipercaya warga Jakarta dan sekitarnya. Jembatan tempat sosok hantu legenda ini berada di wilayah Ancol, Jakarta Utara.

Berada di Ancol Taman Impian merupakan salah satu objek wisata paling diminati warga Jakarta untuk menikmati libur akhir pekan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, Ancol menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan akhir pekan.

Ancol menyimpan cerita misteri cukup popular di kalangan masyarakat. Kisah Si Manis, penunggu Jembatan Ancol yang kerap terlihat dengan pakaian merahnya yang khas daricerita masyarakat paling terkenal, khususnya masyarakat Jakarta.

Cerita Si Manis Jembatan Ancol juga pernah dijadikan sebuah film. Bahkan, Almarhum Budayawan Ridwan Saidi pernah menceritakan dan menulis legenda yang konon merupakan kisah hidup yang ada sejak abad ke-19.



Bahkan, legenda ini sudah ada sejak masa kolonial penjajahan Belanda di Batavia atau DKI Jakarta. Asal muasal legenda itu, kata dia, di wilayah Batavia tepatnya di Jalan Raya Ancol itu sering terjadi kecelakaan yang memakan korban mengenaskan.

Kecelakaan maut karena adanya penampakan sosok hantu itu, maka kala itu untuk menetralisir keangkeran jalan itu, maka dibangun sebuah kelenteng mini di selatan jalan.

Usut punya usut berdasarkan cerita masyarakat setempat, sosok si Manis yang kerap menunggu di Jembatan Ancol itu bernama Siti Ariah. Dulu, pada masa Hindia Belanda, Ariah (atau Maryam) adalah seorang kembang desa.

Legenda Ariah berdasarkan keterangan saksi-saksi hidup pada tahun 1955-1960. Dikisahkan Si Manis Jembatan Ancol adalah kisah tragis seorang perempuan bernama Ariah atau Arie, yang kemudian dikenal sebagai Mariam.

Menurut legenda yang beredar di kalangan masyarakat, Mariam sering menampakkan dirinya sebagai sosok perempuan muda berambut panjang di dekat Jembatan Ancol, Jakarta Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)