Deretan Musala Keren di Mal Jakarta, Nomor 3 Selalu Tersedia Takjil untuk Buka Puasa Sunah

Senin, 06 Desember 2021 - 17:18 WIB
loading...
Deretan Musala Keren di Mal Jakarta, Nomor 3 Selalu Tersedia Takjil untuk Buka Puasa Sunah
Musala di Kota Kasablanka merupakan salah satu musala keren di pusat perbelanjaan Jakarta.Foto/https:/mushollaku.wordpress.com/Istimewa
A A A
JAKARTA - Salat lima waktu merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap umat muslim di mana pun. Ketika melakukan aktivitas di mana pun umat Islam wajib melaksanakan salat bila sudah waktunya.

Tak terkecuali ketika berada di mal sekali pun. Saat ini fasilitas musala di mal-mal sudah beragam, ada musala yang standar sampai musala paling bagus. Di antara mal-mal di Jakarta, terdapat musala yang dikenal memiliki fasilitas tempat ibadah nyaman dan mendapatan lebih dari 4,5 ulasan di Google.

Dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (6/12/2021), berikut musala paling bagus dari sejumlah mal di Jakarta:

1. Senayan City

Selain menyabet gelar Mall of The Year sebagai mal terbaik di Asia versi Retail Asia Award 2021, Senayan City juga menempati deretan atas dengan musala paling bagus di Jakarta. Sama seperti namanya, musala yang berlokasi di lantai LG dengan nama Executive Mushola dirancang secara eksklusif untuk melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Kebersihan tempat ini sangat diperhatikan, AC dingin, karpet tebal, mukena wangi, dan tempat yang kondusif. Untuk aksesnya juga cukup strategis dekat dengan food hall. Di Executive Mushola terdapat tempat penitipan sepatu dengan loker berkunci.

Tersedia juga sarung dan Al Quran di dalamnya. Untuk wanita, di tempat wudhu terdapat banyak kaca rias dan lantai yang tidak licin.

2. Grand Indonesia

Musala di Grand Indonesia terletak di bagian East Mall dan West Mall. Di East Mall musala ada di lantai 3 dan Basement 1. Sementara di bagian West Mall musala terletak di lantai LG dan lantai 6.

Untuk masuk ke musala lantai 3 dari pintu masuk Arjuna, cukup jalan lurus sampai bertemu Starbucks. Sedangkan untuk masuk ke musala lantai LG terletak di belakang Auntie Anne's, tepat eskalator di pintu kaca. Sementara di lantai 6 musala sementara tutup.

Tempat penitipan barang dan ruang tunggu tersedia Level LG dengan musala lumayan luas, mukena bersih dan harum, dan jumlah kamar mandi yang banyak. Di west LG juga punya fasilitas colokan di dekat pintu keluar.
Selama pandemi, Grand Indonesia mengetatkan protokol kesehatan dengan menyarankan para jemaah yang hendak salat untuk membawa peralatan mereka sendiri. Tak lupa juga selalu pakai masker dan jaga jarak selama salat. Ruangan juga dibatasi dengan 50% kapasitas jemaah.

3. Kota Kasablanka

Di Kota Kasablanka terdapat 2 musala dan 1 masjid yang terletak di lantai basement 2 dan lantai LG. Di musala ini setiap hari menyediakan air mineral untuk para jemaahnya, dan setiap hari Senin dan Kamis menyediakan makanan ringan dan minuman gratis bagi muslim yang hendak berbuka puasa sunah.

Tempat ibadah di sini punya petunjuk yang jelas dan mudah dijangkau sehingga para pengunjung mudah untuk menemukannya. Di Masjid Al Ikhlas lantai LG terdapat tempat penitipan dan boks penyimpanan, konter penitipan barang, pendingin AC, perpustakan, dan ruang tunggu yang luas. Tempat wudhu juga disediakan khusus duduk bagi penyandang disabilitas.

Toilet di tempat ibadah ini terpisah, yaitu di sebelah Magurame Udon sebab tempat makan ini terletak di antara toilet dan masjid.

4. Gandaria City

Bagi pengunjung yang pertama kali ke Gandaria City perlu memperhatikan bahwa lokasi musala berada di lantai UG bukan di lantai 2, mengingat informasi di ulasan Google mengarahkan lokasi di lantai yang salah. Musala yang terletak di lantai UG mengarah north gate sebelah restoran Kafe Betawi, ada di pojok dekat eskalator pintu masuk dari parkiran atau dekat Dental Pepsodent.

Musala ini memiliki tempat ibadah yang glamour dengan konsep minimalis yang cukup luas. Namun jika dirasa perlu memakan jemaah yang banyak seperti salat jumat, maka tempat ibadah akan dialihkan ke Masjid Al Ikhlas di lantai 4.

Suasana musala nyaman, bersih, dan tenang dengan tempat penitipan gratis, peminjaman mukena, tersedianya tempat wudhu, tempat cuci tangan, tempat duduk, dan timbangan badan.

5. Kuningan City

Sama seperti Senayan City, Kuningan City juga punya musala dengan nama Executive Mushola yang terletak di lantai 1 dan lantai 3 pada jam 12.00 siang sampai 22.00 malam.

Musala di lantai 1 digabung antar jemaah laki-laki dan wanita yang berlokasi dekat Hush Puppies. Sedangkan musala di lantai 3 terpisah antar laki-laki dan perempuan yang terletak di pojok kiri mal, cukup jalan ke arah sisi timur sampai bertemu logo kubah masjid dan bulan sabit.

Di sana akan ada lorong yang memisahkan tempat salat sebelah kiri untuk pria dan sebalah kanan untuk wanita. Dari luar musala dihiasi ornamen dengan cat warna cokelat tua. Ada tempat duduk untuk melepas sepatu atau sandal sekaligus tempat penitipan gratis. Tempat wudhu juga langsung terintegrasi ke musala yang identik dengan karpet warna merah.

MG08-Lorenza Ferary
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)