Tidak Efektif, Polisi Enggan Sekat Jalur Tikus Menuju Jakarta

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:13 WIB
loading...
Tidak Efektif, Polisi Enggan Sekat Jalur Tikus Menuju Jakarta
Jalur tikus menjadi macet akibat penyekatan selama PPKM Darurat dilakukan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memutuskan tidak melakukan penyekatan di jalur tikus dari daerah penyanggah menuju ke Jakarta karena dinilai tidak efektif. Sebab, muara dari jalur tikus tersebut pada akhirnya akan berada di ruas jalan dalam kota yang sudah dilakukan penyekatan oleh polisi.

"Kita sudah petakan semua jalur tikus dan kita berupaya untuk memang menutup jalur-jalur tikus tersebut," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Sambodo menyebut penutupan jalur tikus tidak efektif. Sebab, terlalu banyak jalur tikus yang mengarah ke Jakarta. "Tapi setelah kita pelajari bersama terlalu banyak jalur tikus yang kita tutup," beber Sambodo.

Meski jalur tikus tidak disekat, Sambodo menyebut, muara dari jalur tikus yakni jalan dalam kota. Jalan-jalan di dalam kota Jakarta sudah dilakukan penyekatan.

"Jadi mereka terserah mau lewat jalan tikus manapun, tapi begitu masuk ke tengah kota jalan itu yang kita sekat. Karena kalau menyekat ribuan jalur tikus enggak mungkin juga, tidak efektif. Jadi lewat jalan manapun ketika masuk ke dalam kota, jalan-jalan tadi yang kita tutup," kata Sambodo.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk menetapkan PPKM Darurat di wilayah Jawa dan Bali. PPKM itu sendiri sudah berlangsung mulai tanggal 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021.

Di kawasan DKI Jakarta sendiri, Polda Metro Jaya sudah melakukan penyekatan di puluhan titik. Pada Kamis, 15 Juli 2021, jumlah titik penyekatan bertambah menjadi 100 titik di wilayah Jadetabek dengan jam-jam yang sudah ditentukan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)