Modus Preman Pungli yang Bikin Ngeri Masyarakat

loading...
Modus Preman Pungli yang Bikin Ngeri Masyarakat
Preman pungli sangat meresahkan. Biasanya mereka beroperasi di persimpangan jalan, terminal/stasiun/pelabuhan, pertokoan/minimarket/pasar hingga jalan tol. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Preman pungli sangat meresahkan dan bikin ngeri. Jika tak diberi uang, mereka bisa bersikap kasar. Biasanya mereka beroperasi di persimpangan jalan, terminal/stasiun/pelabuhan, pertokoan/minimarket/pasar hingga jalan tol.

Mereka juga memiliki banyak modus untuk menakut-nakuti korbannya. Berikut beragam modus preman pungli yang berhasil dihimpun SINDOnews dari berbagai sumber, Selasa (29/6/2021).
Baca juga: Gerombolan Preman Pasang Wajah Seram dan Intimidasi Ketua RT di Tambora

Modus Pemalakan
Modus pemalakan ini paling sering dijumpai di jalan raya. Preman yang umumnya anak muda meminta sejumlah uang kepada pengendara. Seperti kejadian di Kapuk Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021) di mana beberapa preman memalak sopir truk. Sopir dimintai uang Rp20 ribu. Polres Metro Jakarta Barat yang menerima laporan langsung meringkus pelaku yang melakukan pungli.

Modus pemalakan juga kerap ditemui di tempat-tempat usaha seperti pertokoan, restoran atau rumah makan. Seperti yang terjadi di Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada pertengahan Juni 2021. Preman memalak pemilik usaha sebesar Rp5 ribu dan uang terkumpul untuk membeli minuman keras.
Polsek Pondok Aren yang menerima laporan dari pedagang berhasil menangkap pelaku pemalakan berinisial NA (38).



Modus Menghalangi Truk Barang di Pasar Tanah Abang
Modus preman pungli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, salah satunya menghalangi truk yang mengangkut barang tekstil. Preman ini memeras sopir dengan kisaran Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.
Umumnya truk bernomor polisi luar Jakarta yang menjadi sasaran preman pungli. Polsek Metro Tanah Abang yang menerima laporan berhasil mengamankan 10 preman yang kerap memeras sopir truk, pada Rabu (16/6/2021).
Baca juga: Tanahnya Dikuasai Sekelompok Preman, Warga Tambora Ini Bingung Kok Polisi Belum Bertindak

Modus Jasa Pengamanan di Pelabuhan Tanjung Priok
Modus pungli terhadap sopir kontainer di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan mendirikan perusahaan jasa pengamanan. Kemudian, mereka menyewa preman untuk berjaga di jalan-jalan atau pos yang menuju ke arah Pelabuhan Tanjung Priok. Preman ini diminta melakukan aksi kriminal mulai dari merampas ponsel, bajing loncat, dan kejahatan lainnya. Mereka diberikan upah oleh perusahaan atas aksi kriminal yang mereka lakukan.

Jika sopir truk resah dan tak ingin diganggu preman, maka perusahaan tersebut menawarkan jasa pengamanan dan pengawalan. Atas aksi premanisme ini, polisi telah menangkap puluhan preman Tanjung Priok yang berasal dari empat kelompok atau perusahaan yang menawarkan jasa pengamanan.
Modus Preman Pungli yang Bikin Ngeri Masyarakat

Preman pungli diamankan di Polres Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Foto: Dok SINDOnews

Modus Memberi Karcis Parkir
Modus ini berkedok sebagai tukang parkir di ATM, toko, minimarket, dan lainnya yang melakukan modus menaruh karcis di motor, sementara pemilik berada di depan motor/kendaraan itu sendiri.

Modus Derek Liar
Modus derek liar di jalan tol. Preman ini memeras warga yang kesusahan di jalan tol dengan mematok harga bantuan derek setinggi-tingginya.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top