Buntut Pungli di Curug Ciburial, Sandiaga Uno Siapkan Langkah Mitigasi

Selasa, 07 Mei 2024 - 20:45 WIB
loading...
Buntut Pungli di Curug Ciburial, Sandiaga Uno Siapkan Langkah Mitigasi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tengah menyiapkan langkah mitigasi mencegah praktik pungutan liar (pungli) di lokasi wisata. Foto/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tengah menyiapkan langkah mitigasi mencegah praktik pungutan liar (pungli) di lokasi wisata. Para pelaku pungli akan mendapat sanksi sosial sebagai efek jera.

"Kurang lebih ke arah sosialisasi, edukasi dan agar membekas ada sanksi sosial maupun sanksi yang konsepnya edukatif," kata Sandiaga di sela acara Kick Off Fintech Financing For Toursm and Creative Economy (FIFTY) di Kota Bogor, Selasa (7/5/2024).

Sandiaga mencontohkan kasus pungli wisata air terjun atau curug Ciburial, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pelakunya sudah ditindak dan menyampaikan permohonan maaf terbuka kepada masyarakat.



"Seperti kemarin (di Bogor) meminta maaf di depan publik. Mungkin juga nanti kegiatan kegiatan menanam pohon misalnya atau melakukan pembersihan sampah sampah itu yang harus kita berikan dampak atau sanksi yang membuat jera dari pada para pelaku pungli tersebut," ungkapnya.

Tak hanya terkait pungli, Sandiaga juga meminta kepada pelaku UMKM khususnya di lokasi wisata tidak memberikan harga terlalu mahal atau getok harga. Karena, dapat memberikan efek atau dampak yang negatif terhadap wisata Indonesia.

"Jadi jangankan dipungli, kalau ada para UMKM juga yang memberikan harga terlalu mahal, itu juga dampaknya sangat negatif," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)