Integrasi Transportasi Publik Segera Terwujud

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:58 WIB
loading...
Integrasi Transportasi Publik Segera Terwujud
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan integrasi layanan publik di sektor transportasi. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Kartu Jak Lingko akan segera menjadi kartu pembayaran antarmoda transportasi yang terintegrasi di DKI Jakarta . Cukup hanya dengan satu kartu, penumpang bisa menikmati perjalanan Mikrotrans, TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), Commuter Line, dan moda transportasi lainnya yang tergabung dalam sistem Jak Lingko secara lebih mudah dan murah.

Tiket dan tarif ini diintegrasikan melalui metode electronic fare collection (EFC) untuk tarif jasa layanan transportasi umum di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sistem ini memberikan produk berupa pembayaran tersentralisasi dengan satu tiket dan tarif yang dihitung berdasarkan jarak.

Saat ini sistem pembayaran transportasi publik di DKI Jakarta masih dikelola masing-masing operator. Tarif yang dikenakan kepada pengguna juga masih tergantung pada kebijakan operator.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, pengguna moda transportasi angkutan umum cukup memiliki kartu Jak Lingko sebagai pembayaran elektronik pada pertengahan Agustus mendatang. Dia berharap langkah ini bisa memacu layanan transportasi di Jakarta dan sekitarnya.

"Semua menjadi mudah dan murah serta didukung oleh moda transportasi yang telah terintegrasi," tulis Anies.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menandaskan, digitalisasi pelayanan publik menjadi fokus utama Pemprov DKI Jakarta agar pelayanan publik benar-benar dirasakan oleh warga Jakarta maupun warga yang melakukan aktivitas di Ibu Kota.

Dalam konteks itu, tutur dia, Pemprov DKI menjalankan integrasi sistem dengan adanya Jakarta Smart City. Menurut pria yang karib disapa Ariza ini, digitalisasi pelayanan publik dengan integrasi sistem tersebut karena Jakarta adalah kota kolaborasi. Satu di antaranya integrasi transportasi publik yang pembayarannya dengan menggunakan kartu Jak Lingko.

"Semua kita lakukan yang kita pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dalam rangka percepatan, agar tepat sasaran, agar lebih mudah. Semua aplikasi-aplikasi digital dibuat, termasuk pembayaran, dalam rangka perbaikan-perbaikan ke depan. Di era digital ini tidak ada pilihan, kita harus mengikuti, meningkatkan, dan mengoptimalkan," ujar Ariza

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)