PLN UP3 Cikarang Berikan Promo Tambah Daya Listrik Selama Ramadhan

Jum'at, 23 April 2021 - 19:14 WIB
loading...
PLN UP3 Cikarang Berikan Promo Tambah Daya Listrik Selama Ramadhan
Manager PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BEKASI - PT PLN (Persero) memberikan promo tambah daya listrik selama bulan Ramadhan melalui program layanan Ramadhan Berkah dan Ramadhan Peduli. Layanan ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang hendak melakukan tambah daya.

Manager PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki mengatakan, layanan Ramadhan Peduli merupakan layanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya (TD) melalui mekanisme penerbitan voucher elektronik atau e-Voucher bagi konsumen yang membeli produk layanan Renewable Energy Certificate (REC).

"Sedangkan program Ramadhan Berkah merupakan layanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya bagi konsumen tegangan rendah satu phasa golongan tarif sosial," kata Syauki melalui keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Kendati demikian, keringanan ini khusus diperuntukan bagi rumah ibadah yang ingin menambah daya. Kedua paket program layanan PLN selama bulan Ramadhan tersebut berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran sejak 5 April hingga 31 Mei 2021.

Menurut Syauki, kriteria konsumen yang dapat memanfaatkan layanan Ramadhan Peduli ini sama seperti paket Ramadhan Berkah antara lain sudah menjadi konsumen PLN sebelum 1 Maret 2021. "Kriteria berikutnya yakni tanpa perubahan fasa dari satu fasa ke tiga fasa atau sebaliknya, tanpa migrasi layanan dari prabayar ke pascabayar, tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya," kata dia.

"Juga dapat diberlakukan untuk konsumen tarif layanan reguler yang menambah daya sekaligus beralih ke tarif layanan premium atau B2B, tetapi tidak berlaku sebaliknya," sambungnya. Baca: Pemkot Bekasi Siapkan Aturan SIKM, Begini Alur Mengurusnya

Syauki menambahkan, kriteria terakhir yakni wajib melunasi seluruh kewajiban tagihan listrik, kecuali kewajiban terkait kebijakan capping tagihan listrik atau konsumen TNI/Polri (kode golongan 1). "Tetap dapat mengikuti produk layanan ini walaupun masih memiliki tagihan listrik dengan mendaftar melalui Kantor Pelayanan PLN," jelasnya.

Syauki menyebut, terdapat syarat dan ketentuan untuk paket layanan Ramadhan peduli yakni, keringanan biaya
penyambungan tambah daya ini diberikan bagi konsumen tegangan rendah satu phasa golongan tarif rumah tangga 2.200 volt ampere (VA) hingga 11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp 202.100.

Kemudian, produk layanan REC merupakan tiga unit REC atau setara dengan 3 MWh yang dibeli khusus melalui portal layanan PLN dengan kategori pembelian Ramadhan Peduli sebesar Rp 115.500 per produk. Itu sudah termasuk pajak PPN 10 persen.

Berikutnya, biaya tambah daya yang dibayarkan pada produk Ramadhan Peduli hanya diberikan kepada Konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran. Lalu, e-Voucher keringanan biaya penyambungan dapat di-redeem untuk satu ID pelanggan saja dan berlaku untuk satu kali pendaftaran atau permohonan produk layanan Ramadhan Peduli dan tidak berlaku kelipatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1092 seconds (10.101#12.26)