Pemkot Bekasi Siapkan Aturan SIKM, Begini Alur Mengurusnya

Jum'at, 23 April 2021 - 16:19 WIB
loading...
Pemkot Bekasi Siapkan Aturan SIKM, Begini Alur Mengurusnya
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BEKASI - Pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran mulai 22 April-24 Mei 2021. Kebijakan ini bertujuan untuk menekan penularan virus corona (Covid-19).

Namun demikian, tetap ada pengecualian yang diberikan bagi masyarakat tertentu. Di antaranya angkutan logistik dan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan alasan kepentingan sangat mendesak. Syaratnya harus mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).



Seperti tercantum dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik, setiap perjalanan nonmudik selama Hari Raya Idul Fitri 1442 H wajib membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

SIKM wajib dicetak dan dibawa selama perjalanan. Pemerintah Kota Bekasi juga akan menerbitkan SIKM bagi masyarakatnya untuk kepentingan yang mendesak.

"Kita juga akan terbitkan SIKM, tapi saat ini sedang kita buat Perwalnya (Peraturan Wali Kota)," ujar Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Teguh Indrianto, Jumat (23/4/2021).



Untuk alurnya, proses penerbitan ada delapan langkah yang harus diikuti masyarakat yang mendaftar secara online.

Pertama, warga mengunjungi situs htpps://www.bekasikota.go.id. Kedua, pilih menu surat izin keluar/kota bekasi (pilih salah satu menu). Ketiga, pilih daftar.

Keempat, lengkapi biodata pemohon lalu klik daftar. Kelima, lakukan verivikasi email, dan setelah terverivikasi masuk langkah berikutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)