Jadi Kebanggaan Indonesia, Jakarta International Stadium (JIS) Usung Konsep Stadion Kita

Kamis, 22 April 2021 - 15:23 WIB
loading...
Jadi Kebanggaan Indonesia, Jakarta International Stadium (JIS) Usung Konsep Stadion Kita
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) yang akan menjadi kebanggaan bagi warga Jakarta ini irancang tidak hanya sebagai stadion biasa. Melainkan mengikuti standar internasional dengan tujuan agar stadion ini dapat dipakai pada saat event Piala Dunia.

Dengan rancangan yang memiliki kapasitas kurang lebih 82.000 penonton diharapkan, JIS menjadi stadion terbesar di Indonesia sekaligus yang pertama memiliki fasilitas-fasilitas yang mumpuni seperti lapangan latih, retail F&B, plaza, dan juga fasilitas penonton kelas mewah.

Corporate Communication Manager, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Melisa Sjach mengatakan, kebanggaan memiliki stadion berkelas dunia dengan standar FIFA, tentunya tidak hanya dirasakan dibenak warga Jakarta, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Itu sebabnya, JIS dibangun dengan semangat "Stadion Kita". Artinya seluruh klub-klub sepakbola yang bermarkas di Jakarta, bahkan hingga luar Jakarta dapat menggunakan JIS.

"Dengan begitu, inklusivitas JIS sebagai stadion milik kita dapat termanifestasi.Dengan konsep 'Stadion Kita' harapannya, masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk merawat stadion yang hingga April 2021 progresnya sudah capai setengah pengerjaan," kata Melisa di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Agar pesan semangat kebersamaan ini sampai pada masyarakat, lanjutnya, sosialisasi terus dilakukan pihak JIS, baik melalui media sosial maupun media mainstream.

Kemudian, sosialisasi juga dilakukan dengan menggandeng para komunitas bola maupun komunitas lainnya melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara fisik/offline ataupun daring. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan bersama stadion kita.

Misalnya saja, mengundang para pendukung dan pengurus klub sepakbola seperti Persija dan Persitara Jakarta Utara untuk mengunjungi lokasi proyek, termasuk ketika kick off peluncuran pembangunan JIS. Tak hanya kedua klub di Ibu Kota saja, JIS pun terbuka untuk semua klub sepakbola yang ada Indonesia maupun luar negeri untuk berkunjung ke lokasi proyek JIS.

Oleh karena itu, JIS terbuka untuk publik, siapapun boleh berkunjung, tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan dan aturan yang berlaku di lokasi. Kemudian, JIS pun mempersilahkan kepada setiap klub-klub yang ada di Jakarta, Indonesia bahkan luar negeri untuk berlatih menggunakan lapangan latih JIS.

Meski begitu, kedua lapangan latih JIS baru akan siap digunakan pada Juni nanti. “Fokus kita saat ini adalah fase persiapan serah terima lapangan latih JIS dari kontraktor kepada pemberi kerja dan didahului dengan pemeriksaan pekerjaan lebih dulu,” ujarnya.

Di sisi lain, sesuai amanat Gubernur DKI Jakarta pada peresmian Lapangan Latih JIS 28 Desember tahun lalu, berharap, sepakbola melalui Jakarta International Stadium bukan hanya sekedar olahraga melainkan alat pemersatu bangsa untuk bisa memfasilitasi semua unsur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2836 seconds (0.1#10.140)