Pengamen Ondel-Ondel Jatuhkan Budaya Betawi, Pemkot Depok Siapkan Pembinaan

Rabu, 31 Maret 2021 - 10:04 WIB
loading...
Pengamen Ondel-Ondel Jatuhkan Budaya Betawi, Pemkot Depok Siapkan Pembinaan
Pengemen menggunakan ondel-ondel untuk mengamen.Foto: SINDOnews/Yulianto
A A A
DEPOK - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono angkat bicara soal penggunaan ondel-ondel untuk media mengamen di jalanan.

Pemkot Depok, kata dia, sudah melarang Ondel-Ondel dijadikan sarana untuk mengamen atau meminta-minta uang dengan menggunakan Ondel-Ondel. "Apalagi yang dilakukan anak-anak di bawah umur, seharusnya enggak dilakukan," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, mengamen menggunakan media Ondel-Ondel sama saja menjatuhkan budaya Betawi. Untuk itu, dia menegaskan jika di Kota Depok masih ditemukan adanya pengamen Ondel-Ondel diimbau segera dilaporkan, baik ke Pemkot secara langsung atau melalui dinas terkait yaitu Satpol PP.



"Kalau ada ditemukan Ondel-Ondel atau manusia silver itu, bisa diajukan ke Satpol PP atau diadukan ke kami kira-kira di wilayah mana dan jam sehingga nanti bisa didiamankan," tegasnya.

Dia menyadari memang perlu pendalaman dalam menangani pengamen Ondel-Ondel dan manusia silver. Apakah mereka melakukan hal itu karena desakan ekonomi atau hanya dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu.



Selanjutnya pendalaman soal domisili dan identitas. "Apakah yang melakukan itu orang Depok atau orang luar Depok, ini yang kita pelajari. Kan bisa jadi itu dilakukan oleh orang luar Depok, ketika ditemui ternyata emang didrop sama orang luar itu. Kedua adalah mereka mencari keuntungan atas apa," katanya.



Jika mereka melakukan hal itu karena tidak bisa sekolah atau karena faktor ekonomi maka akan dicarikan solusi yang tepat guna.

"Bisa dididik mereka, bisa memberikan satu bimbingan ke mereka agar mereka tidak melakukan itu lagi. Apa yang dibutuhkan nanti kami bisa fasilitasi," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)