3 Hari Banjir Tak Surut, 500 KK di Bekasi Terisolir

Sabtu, 06 Februari 2021 - 12:01 WIB
loading...
3 Hari Banjir Tak Surut, 500 KK di Bekasi Terisolir
Sudah tiga hari ini ratusan warga di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, terisolir karena banjir yang tak kunjung surut.Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Sudah tiga hari ratusan rumah warga di Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi , terendam banjir dari luapan sungai karena intensitas hujan yang tinggi. Akibatnya, sebanyak kurang 500 Kepala Keluarga (KK) di dua dusun yang berada di wilayah Utara Bekasi tersebut menjadi terisolir.

”Sudah tiga hari banjir, belum juga surut hingga hari ini,” kata Dedi, 39, warga setempat pada Sabtu (6/2/2021). Menurut dia, banjir yang terjadi akibat luapan sungai Ciherang itu membuat jalan darat sulit untuk dilalui. Sebab, air yang menggenangi akses jalan memiliki ketinggian dari mulai 30 hingga 100 cm.

Kondisi itu membuat warga hanya bisa bertahan di rumah masing-masing. Warga berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat memberikan bantuan baik berupa makanan dan obat-obatan serta mendirikan tenda darurat maupun dapur umum.”Bantuan mah ya belum ada, kita nunggu pemerintah,” ujarnya.

Ketua Desa Tangguh Bencana (Destana) Pantai Harapan Jaya, Abdillah S Marta mengatakan, warga yang ingin beraktivitas dapat menggunakan perahu karet atau perahu sampan. Hanya saja, ketersediaan perahu tidak dapat memenuhi permintaan warga. Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi.

”Terkait yang terisolir itu ada 500 KK yang terdapat di dua dusun. Kita telah berkordinasi dengan pihak terkait untuk meminta bantuan perahu,” ungkapnya. Untuk itu, masyarakat yang berada di Muaragembong masih menunggu pemerintah untuk turun tangan mengatasi banjir musiman ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, petugas sudah diterjunkan bersama pihak kecamatan untuk mendata warga yang terdampak banjir di Kecamatan Muaragembong.”Banjir disana memang musiman, kita sedang upayakan penanggulangan banjir disana,” katanya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)