BPBD Kabupaten Bekasi Minta Masyarakat di 3 Kecamatan Ini Waspada Banjir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:25 WIB
loading...
BPBD Kabupaten Bekasi Minta Masyarakat di 3 Kecamatan Ini Waspada Banjir
BPBD Kabupaten Bekasi mengimbau agar masyarakat yang menetap di wilayah langganan banjir agar waspada.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Bekasi mengimbau agar masyarakat yang menetap di wilayah langganan banjir agar waspada. Sebab, insensitas hujan tinggi sedang rutin mengguyur wilayah Bekasi dan sekitarnya. Untuk itu, warga diminta untuk mulai waspada potensi datangnya banjir.

Masyarakat yang perlu waspada terhadap bencana banjir dan angin putting beliung berada di Kecamatan Tambun, Cibitung dan Babelan.”Mengingat curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir ini. Masyarakat kami minta waspada,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi , Henri Lincoln, Jumat (22/1/2021).

Saat ini, kata dia, pihaknya telah melakukan persiapan kesiapsiagaan penanggulangan banjir. Seluruh posko di setiap kecamatan telah melakukan apel kesiapsiagaan bencana banjir.”Logistik makanan, peralatan evakuasi perahu karet, mesin pompa, maupun personel telah dipersiapkan dalam menghadapi potensi bencana banjir,” ujarnya.

Henri mengatuakan, ntuk perahu karet, pihaknya sudah disiagakan di tiap kantor kecamatan yang menjadi posko penanganan banjir. Jumlah perahu karet yang disiagakan saat ini sebanyak 24 unit.”45 personel kita sudah siap, kami juga kan dibantu bersama unsur kepolisian, TNI, serta masyarakat,” tuturnya.

Untuk titik rawan banjir tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir agar selalu menjaga kebersihan. Terutama jangan membuang sampah ke sungai atau kali.”Ya masyarakat juga harus menjaga kebersihan. Terutama saluran-saluran sungai. Jangan buang sampahsembarangan,” tegasnya.

Henri berharap tidak akan terjadi banjir, Jika terjadi banjir diharapkan tidak separah tahun sebelumnya. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan normalisasi kali dan sungai dalam rangka menanggulangi bencana banjir.”Sudah dilakukan tahun kemarin, Pemkab Bekasi berupaya melakukan normalisasi sungai dan saluran,” pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)