Ada 60 Ribu Kasus TBC Tahun Lalu, Pj Gubernur DKI Singgu Warga Non-Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:07 WIB
loading...
Ada 60 Ribu Kasus TBC Tahun Lalu, Pj Gubernur DKI Singgu Warga Non-Jakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada jajarannya di RSUD dan Puskesmas untuk melayani warga non-Jakarta yang terjangkit penyakit TBC. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta kepada jajarannya di RSUD dan Puskesmas untuk melayani warga non-Jakarta yang terjangkit penyakit TBC . Hal tersebut disampaikan Heru Budi di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Heru menjelaskan, target dari Pemprov DKI untuk penanggulangan TBC hingga 2030 harus menurun. Pasalnya TBC di Jakarta cukup tinggi.

"Ada 60 ribu kasus TBC. 59 ribu itu kasus TBC yang sensitif obat dan 1.203 orang atau dua persen adalah kasus TBC yang resisten kebal obat. Kebal obat itu yang tadi, enam bulan dia berobat, tiga bulan mungkin tidak minum obat dengan baik," ujar Heru Budi.



Ia menyebutkan untuk pengobatan yang dilakukan memiliki tingkat kesembuhan 81 persen. Sedangkan pemerintah pusat menargetkan kesembuhan warga yang terjangkit TBC sebesar 90 persen.

"Walaupun tinggi tapi resistensi ataupun ancaman TBC banyak faktor yang saya sampaikan, ada angkutan umum, yang dari luar kota, yang hari ini ada berita di salah satu desa (di Lebak) TBC nya cukup tinggi," ungkapnya.

Oleh sebab itu Heru Budi meminta kepada jajarannya di pelayanan kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan optimal dan menyeluruh baik untuk warga ber-KTP DKI Jakarta maupun warga non-Jakarta (KTP daerah).

"Ini saya minta ke seluruh Rumah Sakit, RSUD, Puskesmas untuk menangani ini walaupun dia itu misalnya warga non-Jakarta, tetapi ketika dia berobat di Jakarta warga ini harus diberitahu ke Kepala Desa, atau Pak Lurah atau camat setempat. Harapan saya bisa ditangani dengan baik, mudah-mudahan itu," jelas Heru Budi Hartono.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)