Remaja di Tangerang Sendirian Merawat Tiga Kakak yang Lumpuh

loading...
Remaja di Tangerang Sendirian Merawat Tiga Kakak yang Lumpuh
Seorang remaja yang tinggal di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Burhanudin (paling kiri), seorang diri merawat tiga kakaknya yang lumpuh. SINDOnews/Hasan Kurniawan
TANGERANG - Merawat orang lumpuh bukan perkara mudah, apalagi sampai merawat tiga orang sekaligus. Namun, Burhanudin, menjalaninya dengan sabar merawat tiga kakaknya yang lumpuh sejak ditinggal kedua orangtuanya.

Burhanudin merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Remaja ini tinggal di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang . Kakaknya yang pertama, yakni Nurhayati, lahir normal dan kini sudah berumah tangga. Sementara ketiga kakaknya yang dia rawat dilahirkan lumpuh.

Ketiga kakaknya, yaitu Abdul Rahman, Jubaedah, dan Saeful Rudin, tinggal bersama Burhanudin di Perumahan Daru Indah, Blok P, No 1, Kabupaten Tangerang. Sejak kedua orangtuanya meninggal, Burhanudin yang merawat ketiga kakaknya yang lumpuh sejak lahir itu. (Baca juga; Mafia Tanah Marak, BPN Kabupaten Tangerang dan Pejabat Desa Saling Tuding )

Kondisi ekonomi Burhanudin yang morat-marit, membuat hidup mereka semakin memprihatinkan. Sebelumnya, Abdul Rahman, Jubaedah dan Saedul Rudin sempat mau dirawat di Dinas Sosial. Tetapi, kedua orangtua mereka menolak dan minta agar ketiganya tinggal di rumah dengan anggota keluarga lainnya.



Camat Jambe Heru Ultari mengatakan, dia dan jajaran puskesmas sudah mendatangi ke rumah Burhanudin dan melihat langsung kondisi ketiga kakaknya. Dia mengatakan, pemerintah tidak berdaya dengan kondisi ketiga orang warganya tersebut. Sebab, pihak keluarga menolak agar ketiga orang saudaranya itu dirawat Dinas Sosial.

"Pernah mau dirawat di panti sosial, tapi pihakkeluarga tidak mau, amanat dari orangtua harus dirawat sampai meninggal. Puskemas dan kecamatan sudah memberikan bantuan. Nanti kita datangi lagi," ungkapnya. (Baca juga; Malam Begadang hingga Pagi, Kepala Desa Lebak Wangi Ditemukan Gantung Diri )

Terkait kondisi ketiga kakak Burhanudin yang lumpuhsejak lahir, pihak puskesmas mengatakan, diduga mereka sakit sejak lahir. Diduga terkena polio sehingga tulangnya tidak kuat menahan beban fisik. Dari tiga orang yang lumpuh, satu orang tidak bisa gerak sama sekali.



Heru mengatakan, pemerintah sudah melakukan pemeriksaan secara rutin kepada ketiganya. "Sakit dari lahir, kayak polio. Kalau yang dua masih bisa duduk. Tetapi yang satu lagi, benar-benar gak bisa ngapa-ngapain," sambung Heru lagi.

Penderitaan Burhanudin semakin lengkap, karena ketiga kakaknya yang lumpuh itu ber KTP Jakarta. Sebelumnya keluarga tersebut tinggal di Jakarta, tepatnya di Tanabang dan pindah ke Tangerang 4 tahun lalu.

"Kalau pemda sudah menangani. Amanat dari orangtuanya itu harus dirawat di rumah. Burhanudin bekerja serabutan dagang. Dia yang merawat ketiganya sendirian di rumah. Mulai dari buang air besar, kecil, dan semuanya diurus sendirian," pungkasnya.
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top