Bantu Stok Darah PMI, ASN Jakarta Barat Gelar Donor Darah Massal

Senin, 12 Oktober 2020 - 13:44 WIB
loading...
Bantu Stok Darah PMI, ASN Jakarta Barat Gelar Donor Darah Massal
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi di Wali Kota Jakarta Barat. Foto: Yan Yusuf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Kantor Wali Kota Jakarta Barat melakukan donor darah massal. Gerakan ini dilakukan di Gedung Serba Guna Ali Sadikin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (12/10/2020) pagi.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, kegiatan jemput bola ini gencar dilakukan di massa Pandemi Covid-19 . Pasalnya, saat pendonor yang datang ke Markas PMI di Kramat, Senen, Jakarta Pusat, menurun drastis.

"Targetnya dalam donor darah kali ini kami dapat kumpulkan 1.000 kantong darah untuk stok PMI DKI Jakarta," kata Rustam di lokasi donor danar massal. (Baca juga: Bantu Stok Darah, Uus Kuswanto Instruksikan Camat Lurah Donor Darah )

Di Jakarta sendiri, Rustam mengakui, PMI DKI Jakarta membutuhkan 1.000 kantong darah untuk stok per hari. Namun selama pandemi Covid 19, kebutuhan itu baru mencapai 80 persen. (Baca infografis: Jakarta Berlakukan PSBB Transisi, Rem Darurat Dilonggarkan )

Bantu Stok Darah PMI, ASN Jakarta Barat Gelar Donor Darah Massal


Karenanya ia berharap, melalui metode jemput bola, stok darah untuk rumah sakit terpenuhi. Terlebih saat ini, pihaknya aktif mengadakan di kantor pemerintahan DKI Jakarta. Di sana ada 80 ribu potensi donor darah dari ASN yang ada di DKI Jakarta. Angka itu belum termasuk PJLP atau pegawai honorer lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto berterima kasih kepada pegawainya karena antusias dalam ikuti kegiatan donor darah ini. (Baca juga: PSBB Transisi, Boleh Makan di Tempat Restoran, Bioskop dan Olahraga Air Kapasitas 25% )

Uus mengatakan kegiatan donor darah di Kantor Wali Kota Jakarta Barat akan diikuti 500 pegawai perharinya. Sehingga total selama dua hari pihaknya dapat memberikan 1.000 kantong darah kepada PMI DKI.

Uus juga menginstruksi kegiatan ini dilakukan oleh seluruh PNS di kelurahan dan kecamatan. "Di hari ini dijadwalkan empat kecamatan dan besok ada lagi empat kecamatan," tutup Uus. (Lihat video: Lawan Covid-19, Jaga Jempol, Stop Penyebaran Berita Hoaks )
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1970 seconds (11.210#12.26)