Bantu Stok Darah, Uus Kuswanto Instruksikan Camat Lurah Donor Darah

Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:23 WIB
loading...
Bantu Stok Darah, Uus Kuswanto Instruksikan Camat Lurah Donor Darah
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menginstruksikan kepada camat, lurah, dan jajarannya untuk melakukan donor darah. Foto: Yan Yusuf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wali Kota Jakarta Barat , Uus Kuswanto menginstruksikan kepada camat, lurah, dan jajarannya untuk melakukan donor darah.Donor darah itu guna membantu stok darah di Jakarta.

"Saudara-saudara kita yang berada di rumah sakit mungkin sedang menunggu uluran tangan kita. Salah satu di antaranya yang membutuhkan darah,” kata Uus saat dikonfirmasi, Kamis (1/10/2020). ( )

Maka itu, dia meminta, camat untuk mendonorkan darahnya ke PMI Jakarta secara rutin.Terlebih kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin kemanusian yang sangat mulia dan membantu masyarakat dalam membutuhkan darah. Sehingga, dukungan kepada semua pihak, termasuk organisasi masyarakat agar menggelar kegiatan donor darah.

Mencapai itu, Uus telah berencana menyelenggarakan kegiatan donor darahpada 13 Oktober2020 mendatang di kantor Wali Kota Jakarta Barat. ( )

"Saya sangat setuju. Yang terpenting memperhatikan protokol kesehatan. 740 calon pendonor, itu sedikit. Saya minta Kesbangpol, yang memiliki banyak organisasi juga bisa dilibatkan," jelasnya.

Terpisah, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan, donor darah ini diprakarsai oleh Demo Care. Kegiatan ini sangat diperlukan dalam upaya pemenuhan stok darah untuk pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit.

Ia mengakui bahwa ketersediaan stok darah di PMI Jakarta mulai menurun akibat masa pandemi Covid-19. Itu dimaklumi mengingat diberlakukannya pelaksanaan PSBB yang membatasi ruang gerak masyarakat.

Melihat kondisi itu, PMI DKI Jakarta menginstruksi kepada PMI di wilayah untuk melakukan program jemput bola, yakni melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan instansi pemerintah, organisasi masyarakat dan sebagainya.

"Bak gayung bersambut, teman-teman Demo care memiliki misi yang sama dengan melaksanakan kegiatan donor darah di Meruya Utara,” kata Rustam. ( )

Mantan Wali Kota Jakarta Barat ini melanjutkan, sedikitnya ada 150 orang yang mendonorkan darahnya. Ia melihat gerakan ini mendapat dukung untuk ketersediaan darah bagi masyarakat yang memerlukan darah di rumah sakit.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)