Mencegah Aksi Penjambretan Ponsel

Senin, 28 September 2020 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Proses keputusan seseorang terlibat dalam kejahatan, entah sebagai korban atau pelaku, dapat terjadi pada saat mereka melakukan aktivitas kesehariannya. Dengan begitu, perlu terdapat semacam pengendalian, seperti yang dikemukakan Felson dan Eckert bahwa terdapat pengendalian personal (diri sendiri), yang merupakan bendungan pertama dan termasuk adalah pengendalian diri terhadap orang lain berdasarkan standar moral umum dari masyarakat.

Ketika pengendalian diri ini gagal, maka masyarakat bisa mencoba membatasi perilaku yang bertentangan dengan mengentaskan pengendalian sosial. Ini merupakan bendungan kedua dan memerlukan keterikatan sosial antarorang dalam masyarakat. Ketika kedua bendungan tadi gagal, maka masyarakat bisa menerapkan pengendalian secara situasional yang dapat dikatakan sebagai bendungan ketiga., yakni dengan cara menggentarkan pelanggaran aturan secara mendasar pada kehidupan keseharian. Hal terakhir yang bisa dilakukan masyarakat bila ketiga bendungan tersebut juga gagal adalah mengentaskan pengendalian secara formal melalui sistem peradilan pidana, setidaknya dengan keberadaan pengawasan atau patroli dari pihak kepolisian.

Lebih baik melakukan pencegahan dari kemungkinan berisiko menjadi korban penjambretan ponsel. Lakukanlah langkah-langkah pengendalian diri, minimal tumbuhkanlah kesadaran diri akan keberadaan pada suatu lingkungan ketika memanfaatkan perangkat ponsel. Sesama anggota masyarakat perlu pula saling mengingatkan sesama pengguna ponsel bila memang penggunaan ponsel terjadi pada tempat atau waktu yang dapat memunculkan risiko terjadinya penjambretan ponsel.

Hal ini juga bisa diperluas dengan memperbanyak serta memperluas informasi mengenai tempat dan waktu berisiko terjadinya penjambretan ponsel, yang semoga tidak justru menimbulkan rasa takut berlebihan. Sebaliknya, lebih membuat mereka yang berpotensi menjadi pelaku membatalkan niatannya. Artinya, pengentasan pengendalian formal bukanlah harus selalu terwujudkan bila upaya mencegah dapat lebih dahulu terlaksanakan. (Lihat videonya: Dua Kelompok Oramas di Bekasi Selatan Terlibat Bentrok)

Terutama pada masa pandemi global sekarang ini, yang telah menimbulkan tekanan sosial serta perubahan pola kehidupan dengan lebih mengentaskan kebutuhan akan pemanfaatan penggunaan ponsel pintar yang memiliki kemampuan daring. Perlulah diperbanyak upaya pencegahan agar tidak banyak anggota masyarakat yang menjerumuskan dirinya melakukan kejahatan hanya demi pemenuhan kebutuhan tersebut.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)