Begini Cara Dinkes DKI Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Senin, 27 Januari 2020 - 19:33 WIB
Begini Cara Dinkes DKI Antisipasi Penyebaran Virus Corona
Begini Cara Dinkes DKI Antisipasi Penyebaran Virus Corona
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terus berupakan melakukan antisipasi masuknya virus corona ke Ibu Kota. Salah satu bentuk antisipasi, Dinkes DKI Jakarta menggandeng pihak bandara dan pelabuhan untuk mengawasi pendatang dari negara terjangkit yakni China.

"Tentu itu integrasi ya. Di situ ada KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dari kantor kesehatan yang memang masuk dalam sistem pemantauan terpadu jadi begitu kalau ada satu kasus terduga, pengalaman pertama seperti kasus flu burung, SARS, MERS maupun yang lain kami bekerja sama sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing," terang Kadinkes DKI Widyastuti kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Dia menambahkan, jika ada warga atau pendatang yang diduga terinfeksi virus vorona, maka petugas tersebut akan langsung berkoordinasi dengan Dinkes.

"Begitu terindikasi ada 1 pendatang dari luar yang terindikasi ke arah suspect atau terduga itu tim KKP langsung menghubungi kita dan kita langsung melakukan investigasi pemantauan aktivitas," tambahnya.

Selain pelabuhan dan Bandara, Dinkes juga bekerjasama dengan pihak imigrasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap pendatang. (Baca Juga: Alami Gejala Virus Corona, Masyarakat Diminta Berobat ke RS Terdekat
"Seperti halnya kemarin saat sars atau influenza yang dulu itu kami sampai turun turun mendatangi apartemen semua warga atau semua pendatang yang terindikasi terduga," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)