alexametrics

Lima Kelurahan di Jakarta Barat Rawan Banjir

loading...
Lima Kelurahan di Jakarta Barat Rawan Banjir
Pemkot Jakarta Barat menyatakan ada lima kelurahan rawan banjir.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A+ A-
JAKARTA - Pemkot Jakarta Barat menyatakan ada lima kelurahan masuk dalam wilayah rawan banjir. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Jakbar agar genangan air di lima kelurahan tersebut dapat suru dengan cepat.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Muhammad Zen mengatakan, sejak pekan kemarin sudah menginstruksikan komando mitigasi bencana dengan berbagai cara."Saya mengimbau seluruh pihak dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana, bukan hanya saat terjadi, tapi secara periodik untuk mengurangi risiko, pengurangan bencana itu sendiri," kata Zen ketika dikonfirmasi, Senin (11/11/2011).

Zen menuturkan, langkah mitigasi bencana dilakukan pihaknya dengan memperkuat data logistik. Seluruh apartatur dari kelurahan, kecamatan, dan SKPD terkait diminta melakukan pemantauan dan persiapan logistik terhadap kawasan rawan banjir.



Bahkan dibeberapa titik langganan genangan, Zen meminta posko bencana mulai diaktifkan dari tingkat kelurahan dan kecamatan, pendataan kondisi wilayah rawan banjir, inventarisir lokasi dan jalur evakuasi agar memudahkan distribusi logistik.

"Saya juga sudah menginstruksikan pengerukan saluran air, saluran mikro, saluran penghubung, kali, waduk, pendataan kondisi pompa dan perangkatnya," ujar Zen.

Selain itu, Zen mengecek seluruh persiapan kesiapsiagaan bencana mulai dari penyediaan dapur umum, posko kesehatan dan ambulans untuk menangani warga terdampak bencana, alat berat spider backhoe dan lainnya, hingga data mitigasi daring di posko bencana Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

"Kami siap sangat siap untuk hadapi jika terjadi bencana banjir dan lain sebagainya kami melihat bahwa personel sudah oke, perawatan sudah oke, logistik oke," ujarnya.

Sementara itu, Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, dari analisis ada lima kelurahan yang rawan banjir, di antaranya Rawa Buaya, Kembangan Utara dan Kedoya Utara.

Untuk di Kelurahan Rawa Buaya dan Kembangan Utara, setiap tahun saat hujan datang menjadi kawasan yang kerap kali tergenang."Banjir di dua kelurahan itu tak lepas dari seatpel yang belum rampung di Kali Angke," tuturnya.

Adapun di Kelurahan Kedoya Utara, Purwanti mengatakan kawasan Kali Pesanggarahan juga menjadi langganan banjir. Kali yang dangkal membuat luapan air kerap terjadi di kawasan itu.

Meski demikian, Purwanti mengatakan pihaknya hanya bisa penanggulangan agar genangan cepat surut."Jadi kita awasai hulunya dimana, ada siaga 1, 2, dan 3. Kalau sudah siaga tiga kita informasikan siap-siap akan tergenang. Itu aja sih kita," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengerukan sungai, waduk, dan saluran penghubung di sekitar lokasi."Kami juga sudah menyebar sebanyak 37 rumah pompa," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak