Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Tambah Kapasitas Saluran Penghubung di Duri Kepa

Senin, 20 September 2021 - 16:49 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Tambah Kapasitas Saluran Penghubung di Duri Kepa
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menambah kapasitas saluran penghubung (PHB) di kawasan Duri Kepa. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menambah kapasitas saluran penghubung (PHB) di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat. Hal itu guna mengantisipasi banjir saat datang musim penghujan .

"Duri Kepa jadi salah satu wilayah yang kami perhatikan karena rawan banjir," kata Kepala Suku Dinas Sumbar Daya Air (SDA) Jakarta Barat Purwanti saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Purwanti berharap, dengan ditambahnya kapasitas saluran air di kawasan itu, dapat berfungsi secara maksimal mengalirkan air yang menggenangi kawasan permukiman.

Berdasarkan data yang diberikan Sudin SDA Jakarta Barat, tercatat ada tiga PHB kapasitas daya tampungnya diperbesar. Tiga penambahan PHB itu terletak di kawasan Cosmos, Kebon Raya dan Taman Ratu.

"PHB Kebun Raya bertambah kapasitas dengan volume 479,99 m3, Taman Ratu dengan volume 355 m3 dan kawasan Cosmos volumenya 250 m3," kata Purwanti.

Untuk penambahan kapasitas PHB di Kebon Raya, lanjut Purwanti, saat ini sudah rampung. Sementara, untuk dua PHB lainnya masih dalam proses pengerjaan.

"Untuk pengerukan di PHB Taman Ratu sedang menunggu alat berat dan pengerukan di PHB Cosmos sedang dalam pengerjaan," kata dia.

Tidak hanya PHB, petugas juga menambah dua saluran air baru untuk mempercepat surutnya banjir yang menggenangi permukiman. Dua saluran air yang dimaksud terletak di Jalan Mangga 14 dan Jalan Mangga Raya. "Keduanya sudah diselesaikan petugas," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah memfokuskan penanganan banjir di lima lokasi prioritas, yakni Rawa Buaya, Jelambar, Green Garden, Duri Mepa dan Semanan (rawan genangan)

Lima titik tersebut merupakan wilayah yang mengalami banjir terparah pada musim hujan beberapa waktu lalu.

Pembenahan itu terdiri dari penambahan kolam embung, perbaikan saluran air yang tersumbat, dan pengadaan pompa air di beberapa titik.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2109 seconds (0.1#10.140)