Suswono Tawarkan Hunian Vertikal ke Warga Kampung Melayu agar Terhindar Banjir

Senin, 09 September 2024 - 17:34 WIB
loading...
Suswono Tawarkan Hunian...
Calon Wakil Gubernur Jakarta, Suswono, menawarkan hunian vertikal kepada warga Kampung Melayu yang sering kali terdampak banjir, Senin (9/9/2024). Foto/SINDOnews/Danandaya
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Gubernur Jakarta, Suswono menawarkan hunian vertikal kepada warga Kampung Melayu yang sering kali terdampak banjir. Wilayah Kebon Pala, Kampung Melayu diketahui menjadi langganan banjir karena berdekatan dengan aliran sungai Ciliwung.

"Tidak istilah penggusuran tapi justru nanti kita musyawarahkan tadi misalnya ternyata saya coba pancing ya ke warga tadi dengan dialog gimana kalau misalnya kita rumah-rumah ini kita bongkar ya, kemudian kita bikin rumah ke atas (hunian vertikal) ," ujar Suswono usai menemui warga Kebon Pala, Senin (9/9/2024).

Nantinya kata dia, warga bisa menempati hunian tersebut dengan menyesuaikan kepemilikan rumah yang dibongkar. "Jadi nanti sesuai dengan kepemilikan dia nilainya berapa, sehingga dia dapat berapa kamar atau berapa rumah," tuturnya.



Dia menambahkan , sisa lahan hasil bongkaran rumah warga akan digunakan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Nantinya warga bisa memanfaatkan RTH sebagai lokasi berolahraga atau taman bermain anak.

"Tapi nanti sekitar itu area yang kita bongkar, karena dengan ke atas kan masih banyak area sisa yang kita bikin taman, taman terbuka yang nyaman buat permainan anak-anak," sambungnya.

Suswono percaya, jika nantinya progam itu berhasil dijalankan di daerah kampung Melayu, wilayah lain pasti akan meminta hal yang sama. Sebab dengan program itu warga tak terus-menerus terdampak banjir.

"Sebenarnya kalau nanti ada contoh dan misalnya ini Kampung Melayu misalnya bersedia dijadikan pilot project ya satu aja dulu mungkin nanti yang lain akan mengikuti," katanya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)