Pendidikan dan Transportasi Akibatkan Inflasi di Jakarta

Selasa, 03 September 2024 - 19:06 WIB
loading...
Pendidikan dan Transportasi...
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peningkatan biaya sekolah membuat Jakarta mencatatkan inflasi pada Agustus 2024. Selain inflasi juga didorong kenaikan BBM yang berdampak pada sektor transportasi yang tinggi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan inflasi Jakarta mencatatkan sebesar 0,04 persen di bulan Agustus atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami deflasi -0,06 persen.

"Tekanan inflasi terutama bersumber dari kelompok pendidikan, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya, serta kelompok transportasi," ujar Arlyana, Senin (2/9/2024).

Hal berbeda terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang masih menjadi penyumbang deflasi sama seperti bulan sebelumnya.

Secara terperinci, dia memaparkan inflasi sektor pendidikan naik dari 0,73 persen menjadi 0,87 persen. Bahkan, sektor ini menyumbang 0,06 persen inflasi Jakarta.

"Peningkatan inflasi terutama didorong oleh meningkatnya biaya SD dan SMP sejalan dengan masuknya periode tahun ajaran baru anak sekolah," katanya.

Sementara terhadap transportasi, kenaikan inflasi dikarenakan penyesuaian harga BBM pada Agustus 2024 yang menyumbang inflasi sebesar 0,02 persen dengan besaran inflasi bulanan sebesar 0,15 persen. Beruntung penurunan tarif angkutan udara menjadi penahan meningkatnya inflasi tidak tinggi.

Meski demikian, Arlyana menegaskan inflasi Jakarta masih terkendali. Hal ini tidak terlepas dari sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jakarta yang semakin kuat.

Karena itu, dia berencana lebih memperkuat sinergi yang ada sehingga upaya menahan laju inflasi 2,5±1 persen pada tahun 2024 tetap terkendali.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)