Dasco Sebut Demonstran yang Ditangkap Polisi dalam Kondisi Baik

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:52 WIB
loading...
Dasco Sebut Demonstran...
Pendemo menolak RUU Pilkada di Kawasan DPR/MPR, Kamis 22 Agustus 2024. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengungkap kondisi para demonstran yang ditangkap pihak kepolisian seusai unjuk rasa menolak RUU Pilkada di Kawasan DPR/MPR, Kamis 22 Agustus 2024.

"Iya barusan kami sudah melihat adik-adik yang di dalam dan melihat keadaan hampir seluruhnya dalam keadaan baik," kata dia seusai mendatangi Polda Metro Jaya pada Jumat (23/8/2024).

Dasco mengatakan, ada sekitar 50 demonstran yang masih ditahan pihak kepolisian. Dia mengaku menjamin demonstran tersebut agar dipulangkan.

"Kami lagi lihat kasus per kasus nya. kami akan menjamin bagi yang tidak melakukan tindak pidana berat karena ada informasi ada yang bakar mobil dll," kata Dasco.



Sebelumnya, Sufmi Dasco dan Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR, Habiburrahman mendatangi Polda Metro Jaya untuk membesuk para demonstran yang ditangkap saat menolak RUU Pilkada. Dia akan memberikan menjamin kepada para massa aksi yang diamankan polisi agar dibebaskan.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco mengatakan, Dasco menyebut akan menjamin massa yang diamankan untuk dibebaskan dengan catatan tidak melakukan tindak pidana berat.

"Kami tadi barusan berkoodinasi, diberikan informasi mengenai adik-adik yang diamankan disini, dan hari ini sekaligus kami ingin meminta kepada pihak kepolisian agar adik-adik bisa dikembalikan segera ke rumahnya sepanjang tidak ada pelanggaran tindak pidana yang berat, demikian," kata Dasco di Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2024).

"Dan kami akan menjamin untuk mereka dikeluarkan dan kami berterimakasih pada pihak kepolisian yang kemarin telah bersama-sama menjaga aksi dengan baik di DPR," lanjutnya.

Mereka juga akan memeriksa massa yang saat ini tengah ditahan di beberapa Polres dan Polsek di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

"Kita akan cek seluruh wilayah Polda Metro dengan catatan bukan dengan pelaku tindak pidana berat. Seperti kemarin saya diinfokan ada pembakaran mobil dan lain-lain," tuturnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)