Anies Penuhi Syarat Jumlah Kursi DPRD Jakarta, Pekerjaan Rumahnya Cari Cawagub

Selasa, 23 Juli 2024 - 07:30 WIB
loading...
Anies Penuhi Syarat...
Anies Baswedan didukung Partai Keadian Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan didukung Partai Keadian Sejahtera ( PKS ) dan Partai Nasdem untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024 . Dukungan dari kedua partai ini sudah cukup bagi Anies untuk mengarungi Pilkada Jakarta pada November mendatang.

Diketahui, syarat bagi pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada Jakarta 2024 adalah didukung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang meraih minimal 22 kursi DPRD DKI Jakarta . PKS memiliki modal 18 kursi, sementara Nasdem 11 kursi. Dengan demikian, Anies kini mengantongi 29 kursi DPRD.

Namun, Anies masih punya Pekerjaan Rumah (PR), yakni mencari pasangan yang didukung parpol yang mendukungnya. Diketahui, PKS menduetkan Anies dengan Mohamad Sohibul Iman . Sementara, Nasdem menyerahkan urusan cawagub kepada Anies.

"Saya ingin sampaikan kepada semua, amanat yang dibebankan ini di antaranya adalah tugas untuk menyusun pasangan dan Insyaallah akan dibahas bersama-sama. Harapannya, kita akan bisa bekerja sama dengan lebih banyak partai yang lain," kata Anies kepada wartawan, Senin (22/7/2024).



Anies menuturkan, komunikasi dengan partai lain sudah terjalin. Ia pun berharap, partai politik lainnya bisa mengikuti jejak PKS dan Nasdem.

"Komunikasi sudah ada, Insyaallah akan diperjelas, dilanjutkan. Yang selama ini kita sudah dengar sudah deklarasi sebelumnya pertama adalah PKB, kedua adalah PKS, dan kita sudah melakukan pembicaraan. Dan Nasdem sudah melakukan pembicaraan dengan partai lain," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim mengatakan, Anies diberi keleluasaan untuk memilih cawagub. "Pak Anies juga diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya," kata Hermawi di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (22/7/2024).

(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)