Demo Mahasiswa Hari Ini di Patung Kuda Dijaga 1.231 Aparat Gabungan

Senin, 22 Juli 2024 - 08:35 WIB
loading...
Demo Mahasiswa Hari...
Sebanyak 1.231 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal aksi demo atau unjuk rasa yang rencananya dilakukan oleh kelompok mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat pada hari ini. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.231 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal aksi demo atau unjuk rasa yang rencananya dilakukan oleh kelompok mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat pada hari ini. Personel gabungan tersebut berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait.

“Personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Bundaran Patung Kuda Monas hingga depan Istana Negara,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Senin (22/7/2024).

Untuk pengalihan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lainnya, ia menuturkan bersifat situasional. Dia melanjutkan, jika jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa.

“Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran Bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lalu lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan," ujarnya.

Selain itu, dia mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan. Dia juga mengimbau kepada para koordinator lapangan dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis, dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di Bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain," pungkasnya.

Dilihat dari akun Instagram BEM SI, aksi unjuk rasa ini akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Ada 12 tuntutan dari aksi ini.

- Menuntut Jokowi untuk tidak cawe-cawe di Pilkada Indonesia 2024.

- Menolak kembalinya dwifungsi TNI Polri demi demokrasi Indonesia

- Sahkan RUU perampasan aset dan RUU Masyarakat Adat
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)