FTUI Resmikan Gedung IDE untuk Mendukung Riset dan Layanan Publik Interdisiplin

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:42 WIB
loading...
FTUI Resmikan Gedung...
Dirjen Diktiristek Abdul Haris bersama Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro dan Dekan FTUI Heri Hermansyah meresmikan Gedung InterDisciplinary Engineering (IDE) Fakultas Teknik (FT) UI. Foto/istimewa
A A A
DEPOK - Gedung InterDisciplinary Engineering (IDE) Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) diresmikan. Gedung tersebut memiliki fasilitas lengkap dan modern guna mendukung kegiatan riset dan layanan publik interdisiplin.

Peresmian gedung tersebut dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Abdul Haris dan ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Rektor UI Ari Kuncoro dan Dekan FTUI Heri Hermansyah.

Dalam sambutannya, Prof. Haris mengatakan, peresmian Gedung IDE merupakan tonggak sejarah baru dalam pengembangan pendidikan dan penelitian interdisiplin keteknikan di Indonesia.


"Kami sangat berbahagia melihat UI, melalui Fakultas Teknik, terus mengukir prestasi dan mendorong kemajuan teknologi, serta senantiasa membina inovasi dan kolaborasi lintas disiplin ilmu. Semoga fasilitas ini mampu menunjang pembelajaran dan menjadi ruang eksperimentasi bagi para calon insinyur terbaik Indonesia, serta menopang FTUI menjadi institusi pendidikan keteknikan yang unggul dan berdaya saing global,” ungkapnya, Selasa (25/6/2024)

Gedung IDE memiliki lima advanced labs, yakni Urban Nexus and Smart Cities Laboratory (UNSCL), Sustainable Energy System Laboratory (SESL), Energy Transition Laboratory (ETL), BiologicalSystem Engineering Laboratory (BSEL), dan Biofuel Advanced Laboratory (BAL).



Laboratorium ETL dan SESL mendapat dukungan dari Diktiristek melalui dana Hibah Pusat Unggulan Antar Perguruan Tinggi (PUAPT) senilai Rp63 miliar. PUAPT adalah program pendanaan bagi lima Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) yang termasuk dalam jajaran top 500 universitas berkelas dunia, salah satunya adalah UI

Prof. Heri menyebut, lima advanced labs yang ada di Gedung IDE akan dimanfaatkan untuk menghasilkan dua output utama, yakni hasil riset dan layanan publik yang bersifat interdisiplin.

“Gedung ini akan menjadi rumah bagi tiga institut interdisiplin keteknikan yang diluncurkan pada 2022 lalu, yaitu Institute for Energy Studies (IES), Institute for Biosystems and Bioengineering (IBB),dan Institute for Urban Planning and Smart City (IUS). Tiga institut ini akan mengelola lima advanced labs yang nantinya mengisi Lantai 4–8 Gedung IDE,” ujarnya.

Lima advanced labs yang ditempatkan di beberapa lantai Gedung IDE memiliki fungsi masing-masing. UNSCL yang ada di Lantai 4 memiliki empat sub-laboratorium (sub-lab), yakni Media Laboratory yang mendukung visualisasi desain perkotaan, Virtual Reality Laboratory yang memungkinkan simulasi perkotaan secara virtual.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)