Mahasiswa UI dan Esa Unggul Gelar Pengobatan Gratis kepada Masyarakat Cikeas Udik

Sabtu, 28 September 2024 - 18:51 WIB
loading...
Mahasiswa UI dan Esa...
Mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia dan Universitas Esa Unggul mengelar pengobatan gratis kepada masyarakat Desa Cikeas Udik, Kabupaten Bogor. istimewa
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Majelis Taklim Atthosiyah memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat Desa Cikeas Udik. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang mengangkat tema “Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat” ini diselenggarakan di Aula MTZ Al-Athosiyah Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat Duta Liana menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pengobatan gratis yang laksanakan meliputi penyuluhan kesehatan penyakit diabetes mellitus dan hipertensi, pemeriksaan kesehatan, konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium mencakup gula darah, asam urat, dan kolestrol), dan skrining keseimbangan tubuh (fisioterapi).



Pengobatan gratis diberikan oleh tenaga kesehatan dari FIKES Universitas Esa Unggul yang melibatkan ibu kader, petugas kesehatan dari Puskesmas Gunung Putri. Secara bersamaan, kegiatan ini juga melakukan pemeriksaan gigi anak dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Departemen Radiologi Kedokteran Gigi (RKG). “Ini menunjukkan adanya kolaborasi antar institusi pendidikan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Cikeas Udik,” ujarnya, Sabtu (28/9/2024).

Ketua Majelis Talim Atthosiyah Ustazah Syarifah Syifa Alhabsy menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fikes Universitas Esa Unggul dan FKG UI. Harapannya pengobatan gratis umum dan gigi ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya sebagai rangkaian dari acara Maulid Nabi SAW.



“Semoga Masyarakat semakin peduli akan pentingnya kesehatan sehingga menjaga kesehatannya dengan baik. Terima kasih kepada para dokter yang telah berkenan memberikan pengobatan gratis yang diharapkan dilakukan setiap tahun karena antusiasme masyarakat yang meningkat,” katanya.

Mewakili Universitas Esa Unggul Jerry Maratis mengucapkan terima kasih kepada panitia, Majelis Taklim Attoziyah dan masyarakat yang telah berupaya secara sinergi dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial. ”Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang amat besar bagi masyarakat di Desa Cikeas Udik,” ujarnya.

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan umum diikuti lebih dari 100 orang dewasa dan 100 anak. Masyarakat tampak sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya pengabdian masyarakat ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan dukungan dari Wakil Rektor II Universitas Esa Unggul, Rian Adi Pamungkas, Dekan FIKES Aprilita Rina Yanti Eff, Ketua LPPM, Laras Sitoayu, Ketua Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) dan Ketua Prodi Fisioterapi.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)