Nyalakan Peringatan Darurat, Mahasiswa UI Tutup Lambang Makara Kampus

Rabu, 21 Agustus 2024 - 22:31 WIB
loading...
Nyalakan Peringatan...
Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) melakukan aksi menutup Tugu Makara yang menjadi simbol kampus, Rabu (21/8/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR VIDEO
A A A
DEPOK - Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) melakukan aksi menutup Tugu Makara yang menjadi simbol kampus tersebut. Tugu Makara ditutup dengan banner warna biru bergambar Garuda Indonesia lengkap dengan tulisan " Peringatan Darurat ".

Aksi itu diketahui dari video yang diunggah oleh warganet di media sosial X, Rabu (21/8/2024) malam. Unggahan video itu telah direpost ribuan kali oleh warganet.

"Malam ini, kami menutup lambang makara sebagai bentuk pernyataan sikap mahasiswa universitas Indonesia yang melawan perusakan terhadap proses demokrasi. Lawan!" tulis akun @estehmasmin dalam keterangan unggahannya.



Dalam video itu, terlihat dua orang naik ke Tugu Makara UI sambil menutupkan banner Garuda Indonesia di lambang Makara. Keduanya kemudian meneriakkan kalimat, "Hidup Mahasiswa, Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia, Hidup Rakyat Indonesia," katanya.

Hanya dalam waktu satu jam, unggahan video itu telah dilihat sebanyak 280.000 kali dan mendapatkan 22.000 likes. Unggahan itu juga telah direpost sebanyak 5.500 kali dan mendapat 370 komentar.

Video yang sama juga diunggah oleh akun X bercentang biru @@Mdy_Asmara1701. Dia menuliskan hal yang sama.

"Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!," tulisnya dilengkapi tagar #KawalPutusanMK dan #TolakPolitikDinasti.

Sementara itu, sejumlah organisasi mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia mengunggah foto bergambar Garuda Indonesia di akun media sosialnya. Dengan latar belakang warga biru, tepat di atas lambang negara tersebut tampak tertulis kalimat “Peringatan Darurat”.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)