Gerindra Akui Ridwan Kamil Bukan Kartu Mati untuk Pilgub Jakarta

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:53 WIB
loading...
Gerindra Akui Ridwan Kamil Bukan Kartu Mati untuk Pilgub Jakarta
Ridwan Kamil dinilai bukan kartu mati untuk diajukan pada Pilgub Jakarta 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Ridwan Kamil bukan kartu mati untuk diajukan pada Pilgub Jakarta 2024. Tidak ada keharusan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung RK atau Kang Emil pada Pilgub Jakarta.

Pernyataan itu sekaligus merespons Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia yang mengakui elektabilitas RK terus merosot seiring kuatnya pengajuan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.

Dasco mengamini bahwa elektabilitas RK terbilang tinggi di Jawa Barat. Namun, ia tak menyebut detail hasil survei lembaga apa terkait elektabilitas RK itu. Namun, ia menuturkan, RK sempat menyampaikan keinginan untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.



"Jadi begini, bahwa kemudian elektabilitas RK di Jawa Barat lebih tinggi, itu memang pada saat ini begitu. Tetapi silakan dicek bahwa pada waktu itu kan yang minta mau maju Jakarta kan Pak Ridwan Kamil," tutur Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Dasco menuturkan, keputusan untuk memberi dukungan RK di Pilkada Jakarta itu sempat dibahas di rapat Koalisi Indonesia Maju (KIM). Bahkan, kata Dasco, rapat pembahasan itu turut dihadiri oleh Partai Golkar.

"Keputusan untuk memajukan Kang Ridwan Kamil pada waktu itu, itu adalah pembicaraan rapat koalisi. Termasuk ada Golkar," ucapnya.

Kendati demikian, Dasco mengungkapkan, RK bukan merupakan satu-satunya figur yang akan diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu seiring dengan adanya dinamika politik yang harus dipertimbangkan lebih jauh.

"Nah bahwa kemudian ini ada hal-hal yang mesti dipertimbangkan, ya ini namanya dinamika yang mungkin dinamika yang juga harus dibicarakan. Kita bukan kartu mati harus Pak Ridwan Kamil, gitu," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)
pixels